Maju Amin Siburian Jabat Kalapas Binjai

43

EDISIMEDAN.com BINJAI- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumut, Priyadi melakukan serah terima jabatan Kepala Lapas (Kalapas) Klas II Binjai, dari Budi Situngkir SH kepada Maju Amintas Siburian, Senin (3/9/2018/2018) di Jalan Gatot Subroto, Binjai Barat.

Kakanwil Kemenkumham Sumut Priyadi meminta kepada Kalapas Binjai yang baru, Maju Amin Siburian untuk dapat membangun Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK WBBM).

Menurutnya, persiapan menuju WBK WBBM itu sudah dilakukan sejak Juli 2017 lalu.

“Saya minta dukungan, mudah-mudahan ini 4 bulan kedepan selesai,” ujarnya

Disoal peredaran gelap narkoba di dalam Lapas, menurut dia, sebagai sama-sama aparat penegak hukum, polisi dan Lapas sudah memiliki komitmen bersama untuk berantas narkoba. Dia juga meminta kepada masyarakat maupun rekan media untuk membantu menyampaikan informasi.

“Kalau benar katakan benar, kalau tidak katakan tidak. Kami belajar berbenah supaya masyarakat dapat menikmati layanan kami di pemasyarakatan. Pemberantasan narkoba bagian salah satu yang diselesaikan bersama-sama,” ujarnya.

Disoal ketika terbukti sipir di dalam Lapas terlibat, kata dia, semua ada aturannya. Bagi dia, peredaran narkoba di dalam Lapas itu berangkat dari sejumlah faktor.

“Dari luar bentuknya begini, masyarakat melempar ke dalam (Lapas) itu gampang sekali. Ada petugas yang mungkin terlibat. Faktanya begitu, saya petugas penjara. Karena itu kita sama-sama punya komitmen. Tolong dibantu,” jelasnya.

Sementara, Kalapas Binjai yang baru, Maju Amintas Siburian SH MH mengajak seluruh petugas sipir untuk bergandengan tangan mempertahankannya. Sesuai namanya, Maju tidak mau mundur. Artinya, dia akan berupaya melahirkan inovasi-inovasi baru untuk Lapas Binjai.

“Begitu saya menginjakkan kaki di Lapas Binjai ini, auranya sejuk. Mudah-mudahan aura sejuk ini bisa melanjutkan program yang sudah ada. Ikon WBK WBBM bisa terlaksana dengan dukungan pemerintah setempat, kami sangat harapkan dukungan‎,” ujar kalapas Binjai

Maju sebelumnya menjabat Kepala Rutan Tanjunggusta. Serupa dengan Budi Situngkir, Maju mengikuti jejak langkahnya. Dari Karutan Tanjunggusta menuju Kalapas Binjai.

Ditanya target kedepan seperti apa menjadi orang nomor satu di Lapas Binjai, Maju mengaku tidak pernah ada demikian. Intinya, Maju ingin bersahabat dengan rekan media.

“Sebanyak 3.600 warga binaan saya hadapi. Kita deteksi dulu dan belum mengetahui profil anggota juga. Minimal saya mempertahan apa yang sudah di buat oleh kalapas yang lama atau lebih baik,” kata Maju Amin Siburian. [op]

Apa Tanggapan Anda?