Home / PENDIDIKAN / Man 2 Deliserdang Buka Pendaftaran Online pada 2 Juni 2020, Tes Baca Al-Qur’an Lewat Video

Man 2 Deliserdang Buka Pendaftaran Online pada 2 Juni 2020, Tes Baca Al-Qur’an Lewat Video


EDISIMEDAN.COM, Deliserdang- Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun  ajaran 2020/2021 MAN 2 Deliserdang akan berlangsung pada 2 Juni -10 Juni 2020. Tahun ini ditargetkan ada 12 lokal yang bisa diisi oleh para siswa-siswi baru. Hal itu dikatakan oleh Kepala Sekolah Man 2 Deliserdang, Burhanuddin Harahap pada Minggu (31/5/2020)


“Untuk MAN 2 Deliserdang tahun ajaran 2020-2021 kita menargetkan 12 lokal. Karena pengalaman tahun sebelumnya banyak yang tidak terakomodir padahal banyak orangtua yang ingin mendaftarkan anaknya untuk bersekolah disini,” jelas Burhanuddin Harahap.


Lebih lanjut ia juga mengatakan pada tahun ini ada 2 sistem dalam pelaksanaan PPDB yakni jalur undangan prestasi dan jalur testing.

“Kita punya 2 sistem pelaksanaan PPDB. Pertama kita akan melakukan jalur undangan prestasi. Kita rekomendasi sekolah tsanawiyah dan SMP di lingkungan MAN 2 Deliserdang sampai ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergei) ada sekitar 30 sekolah.


Pada sistem jalur undangan prestasi ini pihaknya  mengundang siswa yang ranking 1 sampai 10 selama 3 tahun di SMP dan Tsanawiyah tempat siswa itu bersekolah. Ini dilakukan tegasnya  untuk menginput siswa yang berkualitas. 


“Sistem kedua dengan jalur testing. Namun tahun ini berbeda pelaksanaannya dengan tahun lalu. Yakni dirata-ratakan nilai raport SMP dan Tsanawiyah dari semester 1 sampai semester 6 selama dia 3 tahun di sekolah tersebut. Selanjutnya tes baca Al-Qur’an,” ucapnya lagi.


Sementara, tes membaca Al-Quran dilaksanakan melalui video atau calon siswa  membuat video membaca Al-Quran di rumahnya kemudian mengirimkan kepada tim pengetes baca Al-Qur’an man 2 Deliserdang untuk dinilai.


“Untuk penilaian sensiri, Penilaiannya berasal dari 60 persen nilai raport dan 40 persen dari baca Al-Qur’an. Itulah strategi penerimaan siswa baru kita,” paparnya sembari mengaku pihaknya Melakukan  penambahan lokal tahun ini yakni 6 lokal jurusan Mia, 3 lokal agama, 3 lokal jurusan IPS . 

“Tahun lalu kita tidak bisa mengakomodir banyaknya putra-putri yang mau bersekolah disini, sehingga kita menambah lokal, banyaknya masyarakat yang tertarik disini karena mereka tertarik dengan peluncuran ahlul Qur’an,” kata Burhanuddin.


Kelebihan lain, MAN 2 Deliserdang juga tidak ketinggalan terkait pelajaran umum sehingga banyak orangtua berduyun-duyun mendaftarkan anaknya.
Untuk persyaratan pendaftaran usai mendaftar online Yakni siswa Mengisi formulir pendaftaran dan melampirkan persyaratan masing-masing rangkap 3, fotocopy raport yang dilegalisir, fotocopy Nomor Induk Nasional (NISN), surat keterangan telah melaksanakan pembelajaran selama 6 semester TP. 2020/2021. 


Selanjutnya,  fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan fotocopy KTP Orangtua/Wali,  pasphoto latar warna merah ukuran 2 x 3 = 5 Lembar, pasphoto latar warna merah ukuran 3 x 4 = 5 lembar, map berkas pendaftaran contoh ada di MAN 2 Deli Serdang, map lux warna hijau untuk Jurusan IIK, map lux warna merah untuk Jurusan MIA, map lux warna untuk jurusan IIS, foto copy jumlah Nilai rata-rata raport semester 1 sampai dengan 6 Juni 2020. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up