Mangkrak Bertahun-tahun, Sky Bridge Direncanakan akan Dioperasikan Tahun Ini

10

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Sky Bridge atau jembatan penyeberangan dari sisi timur Lapangan Merdeka ke Stasiun Besar Kereta Api sudah lama mangkrak dan bahkan bangunan jembatan itu kondisinya sangat memprihatikan selain berkarat juga terdapat sejumlah bangunan rusak.

Berdasarkan hasil rapat yang digelar di ruang rapat 2 Pemko Medan yang dihadiri pihak terkait seperti PT KAI, Dinas Perhubungan, dan Bapeda itu dinyatakan bahwa jembatan penyebrangan itu akan segera dioperasikan dan ditargetkan tahun ini. Hal itu dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas dan Angkutan Dishub Medan, Suriono usai menghadiri rapat tersebut.

Disebutkannya juga proyek senilai Rp 35 miliar yang dulunya ditargetkan rampung tahun 2014
Itu akan segera dioperasikan tetapi setelah terlebih dahulu dilakukan kesepakatan bersama antara PT KAI dan Pemko Medan terkait kewajiban hak dan kewajiban masing masing dalam pengoperasian itu.

“Hasil kesepakatan antara pemerintah Kota Medan dengan PT KAI sepakat sky bridge itu akan dioperasikan, selama ini mangkrak karena adanya kesepahaman yang belum deal dari PT KAI. Tetapi didalam rapat yang berlangsung tadi sudah tidak ada Masalah lagi. Sehingga tinggal faktor teknis saja yang perlu ditingkatkan,” jelasnya pada Selasa (16/7/2019).

Apa saja yang belum rampung , ia mengatakan akan dilakukan survey dalam hal ini Dinas Perumahan Dan Permukiman (Perkim) Kota Medan meninjau mana yang perlu diperbaiki sehingga Sky Bridge itu layak untuk difungsikan.

Terkait anggaran, dikatakanya akan dilakukan pembicaraan khusus. Sebab pembangunan itu pemko hanya menyambung bangunan dari pilar kereta api namun dari pilar ke pintu masuk stasiun yang menyambungkan adalah PT KAI yang diperkirakan panjangnya 10 meter.

Adapun tujuan Dioperasikan Sky Bridge ini untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan masyarakat Medan yang akan menggunakan transportasi kereta api. (Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?