Mantan Agggota DPD Yopie Batubara Meninggal Dunia

890
Yopie Sangkot Batubara tutup usia 74 tahun

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Mantan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumatera Utara, Yopie Sangkot Batubara dikabarkan meninggal dunia, Jumat (29/12/2017) malam.

Mantan Ketua Kadin Sumut tersebut tutup usia 74 tahun sekitar pukul 23.00 WIB, setelah mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Singapora.

Kabar meninggalnya pengusaha properti tersebut disampaikan salah satu sahabatnya Syahlan Gonjes Siregar, di grup facebook Anak Medan Kompak Sedunia (AMKS) sesaat lalu.

“Barusan dapat berita dari teman kita jam 23:00 WIB tanggal 29 Desember 2017, hari Jumat telah meninggal dunia sahabat kita abang Sangkot Batubara yang panggilannya Bang Yopie Batubara. Beliau tutup usia 73 Tahun di Rs Singapore,” tulis Syahlan Gonjes Siregar, salah seorang netizen dalam status facebooknya.

Kabar meninggalnya Yopi S Batubata sempat mencuat Jumat (29/12/2017) siang tadi. Namun kabar tersebut langsung dibantah karena yang bersangkutan masih dirawat.

Yopi Batubara, begitu publik Sumatera Utara mengenalnya, merupakan pengusaha properti. Salah satu proyek perumahan yang sukses dibangunnya adalah Taman Setia Budi Indah.

Pada Pemilu Legislatif 2004, pria yang biasa dipanggil Yopie ini menempati urutan keempat dengan perolehan 277.649 (5,27%) suara.

Ketika aktif sebagai anggota DPD, dia sempat luput dari kecelakaan pesawat Mandala Airline karena tidak jadi naik pesawat tersebut. Sementara rekannya sesama anggota DPD, Abdul Halim Harahap dan Raja Inal Siregar, meninggal dunia dalam kecelakaan itu.

“Entah kenapa saya mengalihkan penerbangan dan masih ada urusan membuat saya tidak satu rombongan dengan rekan lainnya. Saya mensyukuri nasib kepada Allah Subhanahuwataala,” katanya ketika itu.

Bernama lengkap Drs H Yopie Sangkot Batubara, lahir di Gunung Melayu Kabupaten Labuhan Batu, Sumatera Utara, 2 April 1943.

Mantan Anggota DPD utusan Sumatera Utara ini, mengenyam pendidikan Sekolah Rakyat Rantau Parapat Labuhan Batu 1956 , SMPN III Medan 1959, SMA Swasta Prayatna Medan 1962, Sarjana Muda, Universitas Kristen Indonesia.

Yopie S Batubara, pernah menjadi Konsul Kehormatan Sri Lanka di Sumatera Utara pada tahun 2003. Ia adalah pengusaha yang bernaung dalam PT Ira Widya Utama & Group 1984-2004 dan PT Sarana Modal Sumut Ventura 2004. [ded]

Apa Tanggapan Anda?