Home / SUMUT / Masjid Agung Medan Akan Jadi Termegah di Asia, Panitia Butuh Rp 450 Miliar

Masjid Agung Medan Akan Jadi Termegah di Asia, Panitia Butuh Rp 450 Miliar


Desain Masjid Agung Sumatera Utara di Jalan Diponegoro, Medan

MEDAN, EDISIMEDAN| Panitia pembangunan Masjid Agung di Jalan Diponegoro Medan, berencana akan membangun masjid kebanggaan masyarakat Sumatera Utara itu menjadi ikon dan kebanggaan umat muslim di Asia.

Dengan bentuk bangunan, ketinggian menara dan ornamennya sesuai dengan ciri khas ke Islaman, Masjid Agung direncanakan akan berdiri megah, bahkan salah satu termegah di Asia.

Rencananya, menara Masjid Agung akan dibangun setinggi Kantor Gubernur Sumut dan juga setinggi bangunan Sun Plaza yang letaknya bersebelahan, sehingga akan tampak megah di tengah kota.

Namun untuk mewujudkan cita-cita tersebut, panitia pembangunan Masjid Agung Medan membutuhkan dana yang tidak sedikit.

“Sesuai Rencana Anggaran Biaya (RAB), pembangunan Masjid Agung Medan membutuhkan biaya Rp 450 Miliar,” ujar Wakil Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Medan, Musa Idishah.

Masjid Agung Jalan Diponegoro Medan
Masjid Agung Jalan Diponegoro Medan

Musa Idishah yang akrab disapa Dodi itu mengatakan, masjid kebanggaan Sumut ini akan diresmikan proses pembangunannya pada tanggal 15 Januari 2016 dan direncanakan akan selesai dalam waktu 25 bulan.

Menurutnya, untuk mendapatkan dana sebesar Rp450 miliar sebenarnya tidak sulit bila kita semua memiliki kesamaan niat membesarkan Masjid Agung Medan.

BERITA TERKAIT

Ini Dia Foto Megahnya Desain Pembangunan Masjid Agung Medan

Secara teknis bila umat muslim di Sumut sedikitnya 1 juta orang, secara bersamaan menyumbang Rp10 ribu sebulan, maka sudah terkumpul sekitar Rp10 miliar sebulan.

Bila dikalikan dengan proses pembangunan selama 25 bulan, maka bisa terkumpul Rp250 miliar. “Inilah harapannya, semoga kita semua bersama untuk membangun masjid yang rencananya menjadi kebanggaan masyarakat di Sumut,” ucapnya.

Sementara Ketua Umum Panitia Pembangunan Masjid Agung Medan, Letjend TNI Edy Rahmayadi bilang, pembangunan Masjid Agung Medan perlu dilakukan untuk menampung jumlah jamaah yang lebih banyak lagi, sekaligus menjadikan Masjid Agung Medan menjadi pusat kegiatan Islam serta menjadi ikon Sumut.

“Selama ini jamaah yang salat di Masjid Agung sampai keluar gedung utama. Insya Allah bila kita semua bersama bisa terwujud pembangunan Masjid Agung Medan dengan kapasitas 7 ribu jamaah,” ujar Letjend TNI Edy Rahmayadi yang juga Pangkostrad tersebut, Senin (4/1/2015) kemarin kepada wartawan.

BACA JUGA

Kronologi Pembunuhan Sadis Seorang Nazir Dalam Masjid

Demi mewujudkan cita-cita tersebut, Panitia Pembangunan Masjid Agung Medan mengundang umat Islam untuk berpartisipasi dalam pembangunan masjid tersebut.

Dodi juga menyebutkan, kepada khalayak ramai, panitia membuka rekening bank untuk menampung sumbangan masyarakat dan bekerjasama dengan berbagai perbankan untuk memudahkan proses transaksi baik dalam bentuk transfer atau dengan pola auto debit dari seluruh bank.

Hal ini sebagai bagian untuk memudahkan seluruh umat berpartisipasi dalam pembangunan masjid dan membangun rumah di surga.

Di tempat yang sama, Ketua BKM Masjid Agung Azwir ibnu Azis menyatakan, setiap orang dari golongan ekonomi mana pun boleh terlibat untuk berinfaq.

Caranya, tabunglah harian dari nilai terkecil untuk selanjutnya diserahkan tiap bulan. Apakah Rp 5 ribu atau seterusnya, bisa disalurkan langsung atau pun melalui transfer bank. [BERITA TERKAIT: Masjid Agung Medan Akan Miliki Menara Tertinggi di Asia]

“Kita mengetuk pintu hati semua umat muslim agar bisa berinfaq untuk Masjid Agung,” ucapnya.

Tercatat sudah ada beberapa komunitas masyarakat yang berniat memberikan dukungan bahkan dari komunitas tukang becak, sopir angkot hingga sopir bus angkutan jarak jauh lintas Sumatera.

Infaq untuk pembangunan Masjid Agung Medan bisa disalurkan melalui Bank BNI Syariah Cabang Medan No. Rek 2222.555.117, atau di Bank Sumut Syariah cab Multatuli Medan, No Rek : 611.030.100.16789. Bisa juga melaui bank BRI Medan Putri Hijau No. Rek (Rp) 005.031.003.898.308 (USD) 005.302.000.135.309 Swift Code BRINIDJA.  [ded|ril]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up