Home / NEWS / Masyarakat Indonesia Harus Beralih ke Kartu Gerbang Pembayaran Nasional

Masyarakat Indonesia Harus Beralih ke Kartu Gerbang Pembayaran Nasional


Sosialisasi kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN)

EDISIMEDAN.com, PARAPAT -Masyarakat Indonesia harus beralih ke Kartu Gerbang Pembayaran Nasional (GPN), tidak sedikit manfaat yang bakal dirasakan penggunanya.

Asisten Manager Divisi Sistem Pembayaran dan Pengelolaan Uang Rupiah Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sumatera Utara (Sumut), Yudha Wastu Prawira menjelaskan banyak manfaat yang dapat dirasakan pengguna GPN.

“Kenapa masyarakat harus pakai kartu GPN? Ada tiga manfaat yang dijual di GPN. Pertama adalah efisisiensi. Kita tidak mau nanti ada inefisensi supaya masyarakat tidak dapat kita kasih karena kartu yang dimiliki tidak sama dengan mesin EDC yang ada di merchant. Merchant punya Bank A kartunya kartu Bank B, gak bias nih transaksi kena biaya. Itu yang ada kondisi saat ini. Itu yang menyebabkan inefisensi ekonomi. Otomatis menghambat gerakan nasional non tunai. Itu yang ingin kita optimalkan dengan menghubungkan seluruh infrastruktur yang ada,” tandasnya.

Baca Juga:  Korban Terus Bertambah, Inilah Foto Dampak Gempa 6,5 SR di Pidie Jaya

Kedua tentunya, lanjut Yudha, penghematan devisa. Dimana penghematan devisa itu sekitar 13 -15 triliun per tahun yang hemat atas transaksi yang ke luar negeri secara nasional. Selanjutnya, terkait dengan kedaulatan.

“Namanya orang Indonesia marketnya ada di Indonesia. Transaksinya yang tau orang Indonesia. Masak orang asing yang tau. Kita mau seluruh data di Indonesia supaya data itu tidak disalahgunakan. Walaupun memang case penyalahgunaannya jarang terjadi. Namanya risiko belum terjadi. Keberadaan data itu di Indonesia bermanfaat untuk mengembangkan ekonomi Indonesia,” ungkapnya.

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up