Melalui Festival GenRe, BKKBN Perwakikan Sumut Tingkatkan Pembinaan Remaja Di Sumut.

88

EDISIMEDAN.com,MEDAN: Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN menggelar Festival Generasi Berencana (GenRe) di JM. Bariani House Jalan Pemuda Medan, Sabtu (1/12/2018). Kegiatan ini dihadiri para remaja dari sejumlah sekolah di Medan, dan organisasi remaja.

Kepala BKKBN Perwakilan Provinsi Sumut, Temazaro Zega mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu forum untuk membina para remaja melalui program berencana yang disiapkan dan dikelola oleh badan kependudukan dan keluarga berencana .oleh karena itu melalui festival GenRe ini maka para tokoh remaja, pengurus forum GenRe dari berbagai sekolah diajak disamping bersilaturahim juga menampilkan berbagai aktivitas dan kegiatannya ditempat masing masing.

“Juga tentunya kita melakukan sosialisasi dari GenRe Indonesia, beberapa praktisi yang mampu meningkatkan ilmu pengetahuan dan skill daripada remaja remaja kita melalui festival Genre ini,” katanya Tamazaro Zega disela-sela sela kegiatan.

Ia juga mengatakan kedepannya Duta GenRe ini diharapkan menjadi tenaga kerja produktif apalagi dalam rangka menyiapkan Indonesia emas. Sebagaimana pihaknya menginginkan Indonesia menjadi negara yang kuat diantara 6 negara yang kuat di dunia.

“Oleh karena itu remaja harus dipersiapkan salah satunya dengan festival ini.
Kita siapkan mereka dari sisi integritas seperti mendidik mereka menjadi anak yang jujur, disiplin dan bertanggung jawab terhadap kesehatannya. Harus melepaskan diri dari perilaku berisiko seperti seks bebas, penyalahgunaaan narkoba dan mencegah mereka melakukan pernikahan dibawah umur atau dini,” jelasnya lagi.

Pihak penyelenggara, Lusi Desriyati yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Ke BKKBN Perwakilan Provinsi Sumut, mengatakan Festival generasi berencana ini baru tahun 2018 ini digelar . Selanjutnya pihaknya akan melaksanakan kembali pada tahun 2019 mendatang dan tahun berikutnya.

Dikataknya, pada kegiatan ini pihaknya mengajak remaja khususnya di Sumatera Utara untuk aktif atau menghindari 3 masalah yang saat ini banyak terdapat di Sumut yaitu pernikahan dini, seks bebas dan narkoba.

Dengan kegiatan ini yang dihimpun oleh anak anak dari forum GenRe yang dibimbing oleh BKKBN Perwakilan Provinsi Sumatra Utara agar anak remaja bisa saling mengikuti kegiatan berupa stand up komedi untuk menghindari ke tiga persoalan tersebut. Lomba puisi yang sudah dilaksanakan, dan membuat video -video terkait remaja di Sumut.

“Pernikahan dini di Sumut memang tidak terlalu tinggi. Tapi kita harus mencegah dengan adanya forum dan duta GenRe yang sudah dibentuk di Kabupaten/kota di Sumut sehingga pernikahan dini dan persoalan remaja dapat tertangani segera”, paparnya.

Sementara itu, pada festival GenRe itu, tampak remaja yang hadir sebagian masih berseragam sekolah itu sangat antusias. Para remaja juga mengikuti talkshow yang bertemakan ‘ada apa dengan remaja GenRe di era millenial’. (Mahbubah Lubis)

.

 

Apa Tanggapan Anda?