Home / POLITIK / Menara Air Tirtanadi Maskot Pilkada Medan 2015. Efektifkah?

Menara Air Tirtanadi Maskot Pilkada Medan 2015. Efektifkah?


MEDAN| Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Medan tahun 2015 ini, akan berbeda dengan Pilkada sebelumnya dengan kehadiran sebuah maskot. Maskot yang diberi nama Nadi, terinspirasi menara air Tirtanadi, sebuah landmark Kota Medan selama bertahun-tahun lamanya. 

Kehadiran maskot tersebut membuat Pilkada Medan 2015 akan berbeda dibandingkan pilkada sebelumnya yang tidak pernah memiliki maskot. Akankah kehadiran maskot tersebut efektif untuk menginformasikan soal Pilkada 2015 apalagi mengajak publik Medan menggunakan hak pilihnya 9 Desember mendatang? Ataukah sama saja?

Ketua KPU Medan Yenny Chairiah Rambe mengakui, Pilkada 2015 berbeda dari Pilkada sebelumnya karena digelar serentak di seluruh Tanah Air. Pemilihan Maskot dan video kreatif, dilakukan KPU Medan, sebagai program sosialisasi yang melibatkan partipasi publik. Dari banyak ide kreatif yang masuk, akhirnya Nadi ditetapkan sebagai Maskot Pilkada Medan 2015.

Baca Juga:  Ijeck Serahkan Angkutan Operasional Relawan Pujakesuma

“Nadi aliran darah di tubuh manusia. Tirtanadi merupakan sumber air. Air itu sumber hidup dan memberi kesejukan,” kata memilih maskot tersebut usai meluncurkan maskot Pilkada Medan 2015, di Lapangan Merdeka Medan, Selasa (16/6/2015).

Peluncuran Maskot Pilkada Medan 2015 itu juga dihadiri Walikota Medan Dzulmi Eldin, Komisioner KPU Sumut Evi Novida Ginting, Wakil Ketua DPRD Kota Medan Iswanda Ramli, para pengurus Partai Politik di Kota Medan dan unsur FKPD serta ratusan warga Medan.

Maskot dan video kreatif hasil lomba yang diterima KPU, akan dipakai untuk sosialisasi Pilkada Medan 2015. Pelibatan partisipasi masyarakat dalam mensosialisasikan Pilkada Medan merupakan terobosan baru karena, sebelumnya KPU Medan tidak memiliki maskot dan video kreatif untuk sosialisasi.

Menurut Yenni Chairiah Rambe, lomba pembuatan desain maskot dan video kreatif diikuti 23 desain maskot dan 12 karya video kreatif. “KPU Medan telah melakukan disain maskot pilkada dan video kreatif yang tujuan mensosialisasikan pilkada ke jajaran masyarakat bawah, ada 30 orang yang ikut lomba dan yang menang adalah T Agus Khaidir,” ujar Yeni. [rez]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up