Home / COMMUNITYPROFIL / Mengenal FODA Medan, Wadah Kreativitas Doodle Art di Medan

Mengenal FODA Medan, Wadah Kreativitas Doodle Art di Medan


FODA MEDAN - Salah satu agenda gathering FODA Medan di salah satu kafe di Medan belum lama ini. Di acara ini, anggota FODA Medan saling berbagi ilmu asah kemampuan untuk semakin berkembang.[foto: istimewa]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – FODA Medan adalah singkatan dari Full of Doodle Art Medan yang merupakan komunitas seni, khususnya dalam doodle art. FODA kini menjadi wadah bagi warga Medan dalam mengasah skill menggambar.

Para pencinta doodle maupun seniman doodle melebur jadi satu untuk berkarya dan meroket bersama di dalamnya. FODA Medan juga merupakan regional dari full of doodle art (FODA) Indonesia.

“FODA Medan merupakan regional dari FODA Indonesia. Komunitas ini adalah regional ke sembilan. Pertama kali demo gathering dilaksanakan pada 15 Januari 2017, yang kedua pada 22 Januari 2017 lalu,” kata Ketua FODA Medan Nafa Fadhilah, didampingi Sekertaris Lia Harada dan Bendahara Ayna Hafazah.

Terbentuk 15 Januari 2017, menurut Nafa, tidak ada syarat khusus untuk masuk ke FODA Medan.

“Sekalipun tidak pandai menggambar silahkan untuk bergabung. Dengan niat dan tekad, FODA Medan akan mewadahi teman-teman untuk belajar bersama dengan member di FODA Medan,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kapolda: Oknum Satpol Air Sergai Bantu Selundupkan 44 Kg Sabu

Bahkan orang yang awam tentang doodle art atau seni sekalipun, dipersilahkan masuk ke FODA Medan. Karena di sini, lanjut Nafa wadah untuk saling sharing dan belajar bareng dari yang tadinya tidak bisa jadi bisa.

“Kita di sini ga cuma belajar tentang doodle art tapi kita juga belajar tentang lettering, sketsa, food ilustration juga animasi, atau apa saja yang berkaitan dengan seni,” tambah Nafa.

Kegiatan FODA Medan yang rutin dilakukan setiap bulan yaitu gathering. Di dalam gathering ini, anggota akan sharing tentang doodle atau seni lainnya. Ada juga kelas FODA, semacam kelas mini workshop, mendapatkan ilmu dan asah kemampuan untuk semakin berkembang.

“Di dalam gathering, tidak hanya datang, duduk, gambar, pulang. Tapi FODA Medan mempunyai misi, bagaimana seseorang itu datang yang tadinya tidak membawa apa-apa, tapi pulang dengan membawa sesuatu, yaitu ilmu baru,” cetusnya.

Baca Juga:  Duh, Oknum Guru SD di Tapsel Diadukan ke Polisi karena Cabuli 5 Siswinya

Dalam waktu dekat, FODA Medan akan mengadakan big event untuk merayakan 1st Anniversarry FODA Medan.

Fida lantas menjelaskan asal mula FODA Medan terbentuk. Menurutnya, kehadiran FODA Medan atas keinginan besar pertemanan 10 orang yang ingin memiliki wadah mengembangkan seni doodle dan memiliki hobby yang sama dan mempunyai tujuan sama.

“FODA pun kami bentuk. Ada perjuangan besar di balik terbentuknya FODA Medan, salah satu dari mereka, yaitu Ayi Sari Afiani menghubungi ke FODA Pusat untuk meminta dibukanya regional baru di Medan,” ujarnya.

Hanya saja, kata Fida perjalananya tak berjalan mulus. Dua bulan melalui korespondensi lewat email dan chatt, pihak FODA Pusat belum memberi respon.

BACA JUGA
Doodle Art Medan, Komunitas Seni Gambar Anak Medan

“Kita sudah email, chat, telepon tetapi tak kunjung mendapatkan balasan. Akhirnya setelah 2 bulan, barulah FODA Pusat mengizinkan terbentuknya regional baru di Medan,” bebernya.

Baca Juga:  Ketum DPP Aceh Sepakat Sumut Lantik Pengurus Empat DPD

Kalau untuk gathering sendiri, jelasnya, biasanya FODA Medan berkumpul pada titik keramaian, seperti taman, lapangan, cafe, dsb.

“Setiap gathering memilih tempat yang sudah disepakati bersama semua anggota. Tujuannya agar tidak bosan dan bisa mendekatkan dan memperkenalkan FODA Medan kepada masyarakat” pungkas Nafa Fadhilah. [reza ananda ardiansyah]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up