Home / PSMSPORT / Menjelang Piala Eropa, Mola Umumkan Hak Siar, Pelanggar Dikenakan Sanksi Pidana

Menjelang Piala Eropa, Mola Umumkan Hak Siar, Pelanggar Dikenakan Sanksi Pidana


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Penyidik Subdit Indag Dittipideksus Bareskrim Polri Iptu Hendrik Sulisno memastikan, setiap pelanggar hak cipta dikenakan sanksi pidana berdasarkan peraturan perundang-undangan berlaku.

“Pelanggaran hak cipta tertuang dalam Pasal 113 Undang-Undang (UU) Nomor 28/2014 tentang hak cipta yang terdiri dari empat ayat,” ucap Iptu Hendrik saat menjadi salah satu narasumber saat sosialisasi digelar Mola TV di Medan, Senin (24/5).

Menurutnya, dalam UU itu cukup jelas apa saja yang tidak boleh dilakukan, termasuk ketentuan hukuman bagi pelaku pelanggaran hukum pidana.

Berdasarkan pengalaman kami, katanya, sudah beberapa kali menindak pelaku pelanggaran hak cipta. Penindakan tersebut tentunya berdasarkan pengaduan. “Siapa yang bisa mengadu, tentunya orang-orang yang memiliki hak karena telah mendapatkan atau tercatat di Kemenkumham. Jika ada pihak-pihak yang menayangkan suatu acara tanpa izin pemilik hak siar, jelas bisa ditindak,” sebutnya.

Baca Juga:  Wali Kota Dukung Penuh Digelarnya Kejurnas Panjat Tebing Kapolda Sumut Cup 2019

Iptu Hendrik menyatakan, ancaman pelanggaran hukumnya empat tahun dan bisa dilakukan penahanan. Jika tidak ditahan, prosesnya berjalan sampai pengadilan dan jaksa penuntut umum (JPU) akan menentukannya. Tetapi, tegasnya, tidak tertutup kemungkinan mediasi antara pelanggaran hukum dan pemilik hak siar.

Terkait nonton bareng (nobar) di tengah pandemk Covid-19, Iptu Hendrik memastikan diserahkan kepada satuan tugas (satgas) COVID-19 daerah masing-masing. “Tergantung kebijakan satgas daerah masing-masing, karena punya ketentuan tersendiri pula,” tandasnya.

Sementara, M Luthfi Supriadi Senior Legal Enforcement Litigation Officer, sosialisasi ini rangkaian setelah Global Media Visual (Mola) memegang lisensi tunggal konten atau tayangan UEFA EURO 2020, kualifikasi piala dunia 2022 dan liga Inggris. Melalui kegiatan ini, katanya, diharap khalayak umum, pelaku usaha area publik dan sejenis mengetahui tentang lisensi tunggal yang dimiliki Mola. “Agar tidak terjadi pelanggaran hak cipta oleh pihak yang tidak memiliki kerja sama resmi dengan kami,” urainya.

Baca Juga:  Lusa, PSMS Siap Duel dengan Persib Bandung

Secara aktif, sambungnya, kami memantau baik daring maupun luring (offline) serta menindak langsung di lapangan terhadap pelanggar hak cipta atas penayangan UEFA EURO 2028-2022 dengan menggandeng kuasa hukum dan pihak berwajib untuk melakukan operasi tangkap tangan.

“Kami mengimbau pelaku usaha dan sejenisnya atau pihak yang hendak mengadakan nobar agar bekerja sama melalui partner resmi yakni Mitra Media Integrasi (MIX) untuk memberi kenyamanan,” tutupnya.

Turut menyampaikan pandangan, Fajar Kusumo Senior Associate K&K Advocates Intellectual Property dan Bobby Christoffer Coo MIX.(red)

Terkait


Berita Terbaru