Menkeu Sri Mulyani Tatap Muka dengan Kelompok Usaha Mekaar PNM di Belawan

    94

    Dijelaskannya, pertumbuhan usaha mikro (UMi) cukup signifikan mencapai 44 juta usaha atau sekitar 72,1 persen dari jumlah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) secara nasional.

    Melihat kondisi tersebut, pemerintah telah mengalokasi anggaran sebesar Rp2,5 triliun pada 2018 untuk memperluas pembiayaan paling sedikit 800 ribu nasabah UMi. Anggaran itu meningkat dibanding tahun 2017 yang merupakan periode ploting hanya Rp1,5 triliun.

    “Diharapkan dapat mendorong pemda dan swasta bekerja sama dengan Pusat Investasi Pemerintahan (PIP) Kementerian Keuangan sehingga jangkauan pembiayaan UMKM lebih luas lagi,” kata Sri Mulyani.

    Dijelaskannya, pemerintah telah melakukan uji coba program pembiayaan UMi di 21 kabupaten/kota dari Sabang sampai Marauke. Ini melengkapi progam lain yang telah berjalan dan belum terfasilitasi oleh perbankan melalui program Kredit Usaha Mikro (KUR), dengan pembiayaan paling banyak Rp10 juta/nasabah.

    “Pemerintah juga mengevaluasi skema pembiayaan UMi dan menguji dampaknya terhadap keekonomian debitur. Hasil evaluasi menunjukkan skema pembiayaan UMi “fit” untuk diimplementasikan secara meluas,” kata menteri.

     

    Apa Tanggapan Anda?