Home / PENDIDIKAN / Milad ke-69 Tahun, UISU Diharapkan Menjadi Universitas Terbaik di Sumut

Milad ke-69 Tahun, UISU Diharapkan Menjadi Universitas Terbaik di Sumut


EDISIMEDAN.com, MEDAN- Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) genap berusia 69 tahun. Pada perayaan miladnya yang berlangsung pada Kamis (7/1/2021) itu diharapkan UISU menjadi universitas terbaik di Sumatera Utara (Sumut).

“UISU adalah universitas tertua di Sumut dan diluar pulau Jawa. Kalau ini dikelola dengan baik akan punya nama yang benar-benar bisa kita agungkan,” ungkap Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi usai menghadiri Sidang Terbuka Senat UISU pada milad ke-69 yang juga sekaligus pengukuhan Guru Besar UISU.

Edy juga mengatakan untuk membesarkan UISU ini ia mengajak para alumni UISU berfikir untuk menjadikan UISU yang amanah dan bisa memberikan ilmu kepada manusia, anak-anak, cucu-cucu sehingga sumber daya manusia (SDM) menjadi berkualitas untuk ikut serta membangun Sumatera Utara ini.

“UISU harusnya lebih baik dari universitas-universitas yang ada di Sumut ini. Sehingga perlu ada evaluasi agar bisa mengejar kekurangan yang ada,” tegasnya.

Baca Juga:  Sebanyak 3.509 Lulus SBMPTN di Unimed

Rektor UISU, Dr. Yanhar Jamaluddin, M.AP kepada awak media mengatakan di usia yang sudah tua, UISU terus menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan. Dijelaskannya, salah satu prestasi itu yakni melalui program PKM terintegrasi, ini merupakan Program Desa Mitra yang ada di Kecamatan Teluk Bengkudu dan di Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai.

“Tujuan Desa mitra ini akan dijadikan laboratorium bagi seluruh program studi-program studi kita dalam mengaplikasikan dan mengimplementasikan kajian keilmuan kita ke masyarakat, sehingga masyarakat dapat mampu kita berdayakan potensi- potensi yang tersedia disana. Ini juga akan terus kita lakukan termasuk juga di Kabupaten Batubara. Kita sudah lakukan MOU dan kita sudah melaksanakan kegiatan penelitian kolaboratif dengan pemerintah Batubara,” ungkapnya lagi.

Selain itu ia juga mengutarakan prestasi lainnya, pihaknya telah melakukan pembangunan kemasyarakatan yaitu penelitian kolaboratif dengan pemerintah daerah Langkat mengungkap sejarah kerusuhan sosial 1946 di Langkat.

Baca Juga:  Jelang Milad Ke-69, Rektor UISU Silaturahmi ke LLDikti

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan harapannya terhadap 2 Guru Besar yang baru saja dikukuhkan.

“Pada moment ini kita juga mengukuhkan 2 Guru Besar yaitu bidang administrasi pendidikan dan bidang pembangunan pertanian. Kita berharap dengan tambahan Guru Besar ini akan mengkokohkan peran kita di masyarakat. Setidaknya kita tau bahwa sektor pendidikan dan pertanian adalah program yang sangat prioritas dalam pembangunan di Sumut menuju Sumut bermartabat. Saya kira dengan tambahan guru besar ini akan menguatkan kekuatan keilmuan kita dan berkontribusi untuk pembangunan Sumut,” kata Yanhar.

Harapan yang sama juga diungkapkan oleh
Zainul Arifin, Ketua Senat UISU yang juga Ketua Dewan Guru Besar. Dimana pihaknya yang bertugas menjaga dan mengawasi proses belajar di UISU berharap kualitas UISU terus meningkat.

“Tugas kami menjaga proses belajar mengajar tetap optimal, tidak boleh proses ini terganggu walau dalam situasi apapun harus tetap berjalan. Kita juga menjaga kualitas seperti terus mengontrol mata kuliah, jadi setiap Guru Besar itu punya tanggungjawab sebagai penanggungjawab ilmu yang mereka dapatkan,” jelasnya.

Baca Juga:  Pembangunan Akses Jalan Wilayah Pantai Barat Dialokasikan Pada 2018

Seluruh fakultas akan dikontrol melalui Dewan Guru Besar. Sehingga diharapkannya semoga kualitas UISU terus meningkat. “Kita harapkan semakin baik apalagi UISU sudah ada tambahan 2 Guru Besar yang kini total ada 17 Profesor di UISU. Oleh karena itu ditegaskannya masyarakat jangan pernah ragu menilai UISU, pihaknya akan meningkatkan dan mempertahankan kualitas UISU.

Sementara itu, pada perayaan milad ke-69 itu, melalui program UISU Bersedekah digelar penyerahan santunan kepada 1000 anak yatim. Ini juga merupakan sumbangan dari Gubernur Sumut dan Ketua Tim PKK Provsu. (bd)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up