Home / HIBURAN / Minggu, Istana Maimun Akan Buka Kembali

Minggu, Istana Maimun Akan Buka Kembali


EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Setelah 3 bulan tutup, salah satu  destinasi Wisata di Kota Medan, Istana Maimun akan buka kembali. Rencananya buka pada, Minggu 7 Juni 2020.


“Setelah penerapan new normal, Istana Maimun berencana akan buka kembali pada 7 Juni 2020 tapi masih uji coba, itupun kita harus menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak, cuci tangan dan masker, para pengelola maupun pengunjung wajib menggunakan masker,” kata Ketua Umum Yayasan Sultan Makmun Al-Rasyid, Insinyur Rezan Ivansyah pada Jumat (5/6/2020)

Dalam kesempatan itu, ia juga mengatakan pihaknya akan membatasi beberapa fasilitas terhadap pengunjung salah satunya menyewa baju adat.
“Sewa baju adat kita tiadakan guna mencegah penyebaran covid-19, meskipun kita ketahui pengunjung terhadap sewa baju adat cukup tinggi,” ucapnya.
 Uji coba pembukaan tempat wisata sejarah ini dikatakannya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata Medan.

Baca Juga:  Di Depan Kapolres, Koki Narkoba Pertontonkan Cara Meracik Ekstasi


Disampaikan bahwa sejak 16 Maret sampai sekarang pemasukan pihak Yayasan tidak ada atau nol. Kendati demikian pihaknha tetap bertanggung jawab terhadap pekerja, ahli waris Maimun dengan membagikan   bantuan sembako. 

Begitu juga terkait salery para penjaga atau pekerja, disebutkannya belum bisa memberlakukan gaji seperti biasa melainkan memberikan salery dengan sistem persentase.
“Inikan namanya new normal kita coba membuat terobosan buka kembali seperti biasa, namun melihat dari segi salery , kita tidak bisa menggaji seperti sebelumnya, kita buat sistem persentase. Dan para pekerja siap dengan sistem itu,” ungkapnya.


Sementara itu, saat ini terpantau kondisi fasilitas di Istana Maimun itu masih banyak yang ditutup kain, dan para pekerja kebersihan tampak mulai membersihkan debu-debu yang menempel di benda-benda bersejarah yang terpajang di istana itu seperti membersihkan pelaminan yang paling diminati oleh pengunjung, kursi-kursi dan juga properti lainnya. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up