Home / PROFIL / Ni Kadek Eka Citrawati, Kembangkan Budaya Lulur Warisan Leluhur

Ni Kadek Eka Citrawati, Kembangkan Budaya Lulur Warisan Leluhur


Berawal dari hobi dan keinginan untuk menjalani filosofi “kembali ke alam”, pada tahun 2000, Kadek menciptakan lulur Bali Alus dengan mengembangkan kembali budaya warisan leluhur. Didukung kecanggihan teknologi dan berbekal ilmu informal S1 Design and Beauty Clinic, kini hobi tersebut telah membuahkan hasil. 

Selain itu usaha ini juga berhasil mengkaryakan banyak warga lokal, terutama ibu rumah tangga yang sulit kerja di luar rumah karena adanya keharusan melakukan upacara yang kadang dilakukan mendadak. Kadek juga ingin mempopulerkan bahan-bahan tradisional untuk perawatan tubuh sehingga dapat membantu peningkatan ekonomi warga sekitar.

Dari modal awal Rp 30 juta, kini omset pendapatan dari usaha lulur Bali Aalus ini sudah mencapai Rp 15 juta per hari dengan total produksi sudah mencapai 400 macam jenis produk dari 150 item yang diproduksi. Saat ini Ni Kadek telah mendirikan spa academy, yaitu sekolah khusus untuk para siswa yang akan mendalami bidang spa secara gratis dan di didik secara profesional yang akan di sebar ke seluruh Indonesia dan luar negeri secara berkesinambungan.

Dampak yang dirasakan langsung dapat mengurangi pengangguran masyarakat sekitar rumahnya terutama ibu-ibu rumah tangga. Sekarang Bali Alus sudah mempunyai karyawan kurang lebih 100 orang dari warga sekitar pabrik dan sekitar 40 % nya adalah karyawan tetap dan 60% nya adalah karyawan lepasan.

Karena di Bali banyak yang menganut agama Hindu dengan banyaknya upacara adat dan sembahyang cukup menggangu aktifitas produksi, sehingga karyawan lepasan yang tidak terikat mereka bisa tetap bekerja dan mendapatkan income tambahan.

Atas jasanya tersebut, nama Ni Kadek Eka Citrawati masuk dalam 5 peraih Danamon Social Entrepreneur Awards (DSEA) 2015, yaitu para individu yang membangun wirausaha berkelanjutan untuk mengatasi masalah sosial di lingkungannya. [Baca Juga: Ini Dia Lima Peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2015]

Baca Juga:  Meski Masih Muda, Bisnisnya Sudah Capai Rp 150 Juta Perbulan
Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up