Home / COMMUNITY / Olimpiade Sains Nasional Pertamina Diikuti 1.113 Mahasiswa Sumut

Olimpiade Sains Nasional Pertamina Diikuti 1.113 Mahasiswa Sumut


MEDAN| Olimpiade Sains Nasional (OSN) Pertamina 2014 yang berlangsung di gedung Auditorium Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (25/9/2014), diikuti sebanyak 1.113 mahasiswa dan 17 Tim Proyek Sains asal Sumut.

OSN Pertamina 2014 ini memperebutkan dua kategori yang dikompetisikan yaitu Kategori Teori (terdiri dari empat bidang seperti Kimia, Fisika, Biologi dan Matematika) dan Kategori Proyek Sains (bidang Aplikasi Perangkat Lunak, Rancang Bangunan dan Proyek Unggulan).

Pembukaan seleksi dilakukan oleh External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region I, Brasto Galih Nugroho, Dekan Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara, Dr Sutarman, M.Sc dan Perwakilan dari Universitas Indonesia (UI).

External Relation PT Pertamina Marketing Operation Region I, Brasto Galih Nugroho mengungkapkan bahwa babak seleksi provinsi, merupakan tahap penyisihan pertama OSN PERTAMINA 2014 yang kemudian akan dilanjutkan dengan seleksi tingkat nasional.

Baca Juga:  Dinas Kominfo Provsu Gelar Lomba KIM

Tahun ini jumlah peserta se-Indonesia mencapai 35.000 mahasiswa, melebihi peserta tahun 2013 sebanyak 25.282 mahasiswa.  OSN PERTAMINA 2014, merupakan  ajang tahunan dimana kali ini telah memasuki tahun ke-7.

Dengan tema “Inovasi Sobat Bumi Untuk Masa Depan Generasi”, OSN PERTAMINA 2014  tahun ini memperebutkan hadiah total senilai Rp 2 milyar.

Brasto juga menyampaikan bahwa OSN Pertamina merupakan Program CSR Pertamina bidang pendidikan yang bertujuan sebagai sarana mencetak generasi yang handal dan berkontribusi bagi negara.

“Kami berharap melalui OSN ini, akan lahir individu-individu cemerlang,  yang berperan akif dalam pembangunan bangsa, memiliki kepekaan terhadap permasalahan bangsa, dan terus melatih diri untuk berkontribusi memberikan solusi. Di masa mendatang, Pertamina berharap OSN bisa dikembangkan sebagai kompetisi sains tingkat ASEAN,” ujarnya.

Sementara itu Dekan Fakultas MIPA Universitas Sumatera Utara, Dr. Sutarman, M.Sc mengharapkan agar kegiatan OSN Pertamina 2014 ini dapat terus terselenggara.

Baca Juga:  5 Desa Simulasi Hadapi Erupsi Sinabung

“Melalui Science Olympic Games yang melibatkan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia ini nantinya dapat membangun awareness dan acceptance mahasiswa Indonesia di bidang ilmu sains dan teknologi,” imbuh Sutarman.

Bahkan Sutarman mengungkapkan bahwa seluruh peserta yang mengikuti ini adalah sudah merupakan sebagai pemenang, sebab pemenang adalah orang yang berani mengikuti ajang yang sering dilakukan secara lokal maupun nasional. [abu riyadh|khi]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up