Panitia Sempurnakan Persiapan MTQN XXVII di Lokasi Utama

12

EDISIMEDAN.com, MEDAN: Seminggu menjelang Musabaqah Tilawatil Quran Nasional (MTQN) XXVII tahun 2018 di Sumatera Utara (Sumut), panitia terus berupaya menyempurnakan persiapan di Lokasi Utama (Astaka). Meskipun secara keseluruhan sudah rampung, perbaikan-perbaikan kecil tetap dilakukan terus menerus hingga hari H.

Tampak di lokasi utama Asisten Administrasi Umum dan Aset Zonny Waldi, selaku Ketua Harian MTQN ketika sedang meninjau kesiapan. “Persiapan kita sudah rampung, tapi masih perlu ada kontrol setiap hari. Melihat mana lagi yang kurang, mana lagi yang perlu diperbaiki dan disempurnakan,” ujar Zonny, di seputaran Gedung Serba Guna, Jalan Pancing/Willem Iskandar Medan, Kamis (27/9).

Dijelaskan Zonny, bahwa dirinya saat ini sedang meninjau kelancaran proses gladi resik untuk Apel Gelar Kekuatan Personel dan Konsolidasi Persiapan Acara MTQN, Jumat (28/9). Sedikitnya 1500-an orang akan mengikuti apel tersebut, yang terdiri dari 900-an orang personil TNI/Polri, Gubernur dan unsur Forkopimda, kemudian ASN, dan panitia keseluruhan.

Begitupun dengan bidang lain, seperti kedatangan kafilah. Berdasarkan rapat dan kordinasi terakhir dengan Panitia MTQN, Zonny menyampaikan bahwa semuanya sudah dikordinasikan dengan baik. “Semua sudah dikordinasikan dengan baik, baik itu kepada Angkasa Pura, LO, hotel, pengamanan, dan lainnya sudah dipersipakan dengan baik,” tuturnya.

Untuk UMKM, Zonny berharap agar stan pameran yang ada di MTQN dimanfaatkan dengan baik. Khususnya, kerajinan-kerajinan unggul yang ada di Sumut. “Akan ada 3000an orang yang datang dari luar provinsi. Ini kesempatan yang baik untuk promosikan produk-produk unggul kita. Jadi, UMKM yang belum daftar di pameran, segera daftar,” ajaknya.

Tidak lupa, Zonny pun mengingatkan kembali agar masyarakat Sumut, khususnya Medan dan Deli Serdang berbondong-bondong meramaikan dan menghadiri MTQN nantinya. Bukan hanya saat pembukaan dan penutupan, tetapi juga di hari-hari lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Sumut selaku Koordinator Bidang Fasilitas Arena dan Astaka MTQ Baharuddin Siagian Bahar menjelaskan tentang kesiapan sarana dan prasarana. “Seperti yang dilihat saat ini, tenda-tenda sudah dipasang. Air-air sudah lancar. Kita mengharapkan tidak ada lagi gangguan-gangguan. Tinggal nanti bagaimana masyarakat bantu turut mendukung dan mensukseskan ini,” jelasnya.

Tampak di lokasi utama jajaran TNI Polri, ASN, dan panitia sedang sibuk melakukan gladi resik. Sementara, pekerja sibuk menata dan memperbaiki tenda-tenda. Kegiatan bersih-bersih juga di lakukan di sekitar lokasi utama.(Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?