Panwascam Medan Labuhan Tertibkan Ratusan APK

41

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Medan Labuhan melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampaye (APK), Rabu (5/12/2018).

Tim penertiban APK Kecamatan Medan Labuhan yang terdiri dari Satpol PP, Kepling, Bhabinsa, Bhabinkantibmas, Panwas Kelurahan dan Panwas Kecamatan.

“APK yang kita ditertibakan adalah semua APK yang mengganggu keindahan estetika kota dan salah menurut UU Pemilu,” kata Ketua Panwaslu Kec. Medan Labuhan Rustam Effendi didampingi anggota Jeck Swandi Tampubolon dan Hairul Akmal, usai penertiban.

Dijelaskan, umumnya APK yang disita dipasang di pohon, tiang telepon, tiang listrik dan fasilitas umum milik negara seperti di badan jalan TOL Belmera dan pagar taman kota. “Sepertinya kesadaran peserta Pemilu untuk memasang APK dengan cara yang benar dan pada tempat yang telah ditentukan masih rendah,” ujar Rustam Effendi.

Disinggung tentang APK yang banyak terpasang di tembok dan pagar rumah warga serta posko pemenangan, Rustam Effendi yang juga Kordiv PP Panwaslu Medan Labuhan tersebut mengatakan akan ditertibkan setelah pihaknya memeriksa ijin dari pemilik rumah. “Pemilik rumah akan kit surati terlebih dahulu, apa pemasangan itu diijinkn atau tidak dengan membuat surat pernyataan. Jika tidak ada, maka APK itu akn kita tertibkan,” katanya.

Sementara itu, dalam kata sambutannya Kasi Trantib Kecamatan Medan Labuhan M Awal Syahputra mengatakan penertiban dilakukan setelah berkoordinasi dengan Panwas Kecamatan Medan Labuhan dan penertiban sengaja dilakukan unuk menjaga hal yang tidak diinginkan.

“Saya berharap semua APK ditertibkan agar estetika keindahan Kota Medan terjaga,” katanya.

Usai apel dilaksanakan, semua tim penertiban APK bergerak ke lokasi yang telah ditentukan dan semua APK yang berhasil ditertibakan dikumpul di Kantor Panwaslu Kec. Medan Labuhan. “Saya mendukung penertiban ini dan semoga semenjak penertiban ini tidak ada lagi APK yang terpasang di pohon,” kata Umar, warga Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan. [sal]

Apa Tanggapan Anda?