Home / NEWSSUMUT / Pasca Erupsi Besar, Perkebunan Warga di Desa Cimbang Rusak Total

Pasca Erupsi Besar, Perkebunan Warga di Desa Cimbang Rusak Total


ERUPSI.Erupsi dahsyat Gunung Sinabung pada Senin (19/2/2018) kemarin menyebabkan perkebunan warga di Desa Cimbang, Kecamatan Payung, rusak total.[edisimedan.com/istimewa]

EDISIMEDAN.com, KARO- Erupsi dahsyat Gunung Sinabung pada Senin (19/2/2018) kemarin menyebabkan perkebunan warga di Desa Cimbang, Kecamatan Payung, rusak total.

Imam Syukri Syah Tarigan, salah seorang warga mengatakan bahwa desa tersebut salah satu desa yang paling berdampak terkena abu vulkanik Gunung Sinabung, sehingga tanaman yang ditanamnya tertutupi oleh abu vulkanik tersebut.

“Erupsi semalam cukup besar dan sekarang dampaknya kebun kopi saya tertutup dengan tebalnya abu vulkanik Sinabung,” ucapnya, Selasa (20/2/2018).

Imam Syukri menambahkan bahwa selain tanaman kopi miliknya tertutupi abu vulkanik sebagian tanaman juga rusak akibat abu tersebut.

Berita Terkait

Video Letusan Sinabung Terbesar Sepanjang Tahun 2018

Erupsi Gunung Sinabung Akibatkan 5 Kecamatan di Karo Gelap Gulita

“Ada yang rusak juga tanaman. Karena sangat sensitif dengan abu vulkanik ini. Tapi, Alhamdulillah tidak semua,” tambahnya.

Baca Juga:  RUPS Pertama PT Inalum (Persero) Ubah Susunan Pengurus Perseroan

Sementara itu, Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Karo, Natanail Peranginangin‎ mengatakan bahwa saat ini petugas gabungan kembali melanjutkan pembersihan dengan melibatkan seluruh dinas terkait dengan berkerja sama dengan tim dari BPBD Karo, Mapoldasu, dan Dandim 0205 Tanah Karo untuk membersihkan sisa abu vulkanik Gunung Sinabung.

“Pembersihan dilaksanakan di titik titik pemukiman warga padat penduduk dan jalur-jalur transportasi. Pembersihan itu fokus sementara di dua kecamatan terparah yaitu Kecamatan Payung dan Tiganderket,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, gunung api Sinabung yang berada di Kabupaten Karo kembali menunjukan aktivitas vulkaniknya. Dimana, Gunung Sinabung erupsi dan mengeluarkan luncuran awan panas sejauh 5 kilometer ke arah Tenggara-Selatan sekitar pukul 08.54 WIB tadi.

Selain mengeluarkan material vulkanik. Pada saat Gunung Sinabung erupsi juga terjadi gempa selama 607 detik. Untuk abu vulkanik, jarak luncur hingga 4900 meter ke sektor selatan-tenggara dan 3500 meter ke sektor tenggara timur. Dimana, kondisi puncak Sinabung masih tertutup abu dan saat ini arah angin mengarah ke Barat dan Selatan.

Baca Juga:  Peserta Lomba Senam Lansia Pemkab Karo Tewas Mendadak

Selain itu, akibat erupsi Sinabung tersebut, 8 Kecamatan diselimuti abu vulkanik, yakni Kecamatan Simpang Empat, Kecamatan Naman Teran, Kecamatan Payung, Kecamatan Tiganderket, Kecamatan Kutabuluh, Kecamatan Munthe, Kecamatan Tigabinaga, dan Kecamatan Juhar. [ska]

Terkait


Berita Terbaru