Home / MEDAN TODAY / Pasca Kerusuhan Tanjungbalai, Gubsu Imbau Masyarakat Tidak Terprovokasi

Pasca Kerusuhan Tanjungbalai, Gubsu Imbau Masyarakat Tidak Terprovokasi


Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

EDISIMEDAN.COM, PARAPAT. Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi MSi meminta masyarakat untuk menahan diri dan tidak terpancing dengan isu intoleransi (SARA) yang dapat mencederai harmonisasi dan kerukunan umat beragama di Sumut.

Imbauan tersebut disampaikan Tengku Erry Nuradi menanggapi pasca kerusuhan yang terjadi di Tanjung Balai, usai membuka Musyawarah Masyarakat Adat Batak dan Rapat Kerja Nasional Punguan Simbolon dohot Boruna bersama Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla di Pantai Bebas, Parapat, Kabupaten Simalungun, Sabtu (30/7/2016).

Dalam kesempatan itu, Erry mengatakan, sehari pasca kerusuhan, kondusifitas di Tanjung Balai telah membaik.

“Semua pihak kita harapkan menahan diri. Tidak mengikuti emosi. Jangan sampai kerusuhan memicu konflik antar sesama pemeluk agama. Selama ini, masyarakat Sumut dewasa dalam menyelesaikan konflik agama. Ini harus tetap kita pertahankan, karena ini merupakan salah satu kebanggaan Sumut,” ujar Erry.

Baca Juga:  Tak Beralas Kaki, Gubsu Carikan Solusi Irigasi Tak Berfungsi

Tidak lupa Erry mengimbau masyarakat untuk tidak terpancing oleh aksi propokasi yang dapat mengganggu stabilitas dan keamanan di Sumut.¬† “Masyarakat juga harus hati-hati dengan propokasi pihak tertentu. Jangan sampai ditunggangi. Kekuatan kita adalah kebersamaan,” pesan Erry.

Erry juga mengatakan, aparat keamanan, baik Polri dan TNI telah melakukan penjagaan di lokasi kejadian, guna mengantisipasi kerusuhan lanjutan. “Pihak-pihak yang bertikai juga sudah diamankan. Kita serahkan kepada pihak terkait untuk menyelesaikan sesuai aturan hukum yang berlaku,” jelas Erry. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up