PDIP Resmi Capreskan Jokowi, Nama BG Menguat Jadi Pendamping

131
Joko Widodo dan Budi Gunawan (kiri)

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan telah resmi mengusung Joko Widodo sebagai calon presiden di Pilpres 2019. 

Dukungan itu disampaikan langsung Ketua Umum Megawati Soekarno Putri dalam rapat kerja nasional ke-III PDIP di Bali, Jumat (23/2/2018). Megawati dalam rapat itu memberikan pidato di hadapan para kader secara tertutup.

Sejauh ini PDIP belum menunjuk siapa calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi. Namun sejumlah nama sudah mengemuka, antara lain Ketua PPP Romarhumuziy, Ketua PKB Muhaimin Iskandar, dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan.

Bahkan nama Budi Gunawan dikabarkan datang dari elit PDIP untuk didampingkan dengan Jokowi di Pilres 2019 mendatang.

Pada Desember 2017 lalu, lembaga survei PolMark Research Center (PRC) mencoba menduetkan Jokowi dengan Budi Gunawan sebagai pasangan dalam Pilpres 2019.

Hasilnya, Jokowi-BG unggul tipis dibanding dengan pasangan lain sebagai presiden-wakil presiden berdasarkan survei periode 13-25 November 2017.

Diketahui, PDIP sendiri partai ke-8 yang usung Jokowi di Pilpres 2019. Sebelum PDIP telah ada tujuh partai lain yang telah menyatakan dukungannya.

NasDem menjadi partai pertama yang menyatakan dukungannya kepada mantan Wali Kota Solo itu di Rakernas IV dan HUT ke-6 NasDem, November 2017 lalu.

Setelah NasDem, dukungan kepada Jokowi silih berganti dideklarasikan oleh Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Golkar, Partai Persatuan Pembangunan, Hanura, Perindo, dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). [ded]

Apa Tanggapan Anda?