Pemko Binjai akan Luncurkan Lima Aplikasi Online Layanan Masyarakat

2012
SMART CITY. Gubsu T Erry Nuradi melakukan soft launching Binjai Smart City (BSC) di aula Pemko Binjai, Jumat (2/12). Binjai adalah kota pertama yang berhasil melaksanakan Smart City sesuai anjuran KPK guna menciptakan pemerintahan yang bersih, bebas KKN.

EDISIMEDAN.com, BINJAI- Pemko Binjai akan meluncurkan lima aplikasi online layanan masyarakat untuk mewujudkan Kota Binjai sebagai smart city (kota pintar). Aplikasi ini lebih melibatkan masyarakat secara langsung pada sejumlah sarana pemerintahan di Kota Binjai.

“Kita sekarang menuju smart city, jadi bagaimana menciptakan masyarakat Binjai yang lebih smart dan melek IT,” kata Kasubag Keuangan dan Program Diskominfo Binjai M Affan, Rabu (29/3/2017).

Dia mengatakan kelima aplikasi tersebut antara lain, eMasyarakat yang merupakan aplikasi mobile di mana warga Binjai dapat melaporkan semua permasalahan secara online, eMusrenbang yang merupakan aplikasi partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan dari kepling hingga pemerintah kota.

“eRA merupakan aplikasi rencana dan anggaran. Lalu eDokter merupakan aplikasi sistem pendaftaran pasien pada RSUD. ePerizinan merupakan layanan perizinan di bawah pengelolaan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (PMPPTSP) Kota Binjai ,” pungkasnya

“Grand launching kelima aplikasi ini, rencananya akan dilangsungkan pada Kamis (30/3/2017) mendatang. Masyarakat tinggal mendownload dari aplikasi playstore saja. Untuk e-government ini, Bandung dan Surabaya sudah jalan, sementara di Sumatera masih Binjai,” ungkapnya.

Dengan adanya kelima aplikasi itu, maka apapun keluhan masyarakat bisa dituangkan di aplikasi ini. Kelima aplikasi ini, lanjut Affan merupakan aplikasi awal yang diciptakan oleh Pemko Binjai untuk mewujudkan e-Government.

“Aplikasi ini dipantau langsung oleh Walikota Binjai. Masyarakat sudah familiar dengan gadget dan IT, jadi kenapa tidak kita elektronik kan semua untuk memudahkan masyarakat,” ujarnya. [ska]

Apa Tanggapan Anda?