Home / MEDAN TODAY / Pemko Medan Siap Gelar Festival Thaipusam 2020

Pemko Medan Siap Gelar Festival Thaipusam 2020


EDISIMEDAN.COM, MEDAN-  Dalam rangka menyambut festival Thaipusam 2020, Pemko Medan melalui Dinas Kebudayaan Kota Medan menggelar rapat koordinasi dan persiapan antar organisasi perangkat daerah (OPD) di Balai Kota Medan, Selasa (28/1). Tujuannya, agar perayaan hari spesial masyarakat Hindu Tamil ini dapat berjalan aman dan lancar.

Selain antar OPD, rapat yang dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Medan Ir H Akhyar Nasution MSi diwakili Kadis Kebudayaan Kota Medan OK Zulfi ini juga melibatkan panitia kegiatan dari Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Medan. Diharapkan, seluruh OPD dan unsur terkait dapat menjalankan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) secara maksimal.

Dalam arahannya,OK Zulfi menjabarkan satu-persatu uraian tugas masing-masing OPD di lingkungan Pemko Medan.  Adapun OPD yang terkait yakni Dinas Kebudayaan, Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K), Dinas Pariwisata, Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Selain itu, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Bagian Humas, Bagian Umum Setda Kota Medan serta pihak Kecamatan Medan Petisah.

Baca Juga:  Ajak Umat Kristiani Hadiri Paskah Oikumene Kota Medan 2019

“Rapat ini kita gelar guna menyamakan persepsi dan tindakan menyambut festival Thaipusam yang akan digelar, Sabtu (8/2/2020) mendatang. Kami berharap semua pihak dapat fokus menjalankan tupoksinya masing-masing sehingga seluruh rangkaian acara dapat berjalan lancar,” kata OK Zulfi.

Kepada Dinas DKP, OK Zulfi meminta agar menyiapkan petugas kebersihan di dua titik lokasi acara yakni di Kuil Shri Subramanian Nagaratar di Jalan Kejaksaan dan Kuil Shri Bathara Kali di Jalan Sei Belutu Medan. Selain itu, untuk Dinas Perhubungan agar berkoordinasi dengan pihak Kodim 02/01 BS dan Polrestabes Medan untuk mengamankan lokasi acara hingga selesai.

“Dari informasi yang kita terima, festival Thaipusam akan digelar sejak pagi hari sekitar pukul 05.30 WIB. Selanjutnya kemudian dilanjutkan dengan acara festival berupa pawai kereta kencana mulai pukul 19.30 WIB. Maka dari itu, kami berharap personil dapat stand by baik di titik lokasi maupun di jalan yang menjadi rute perjalanan,” harapnya.

Baca Juga:  Aksi Tukang Botot Mencuri Motor di Jalan Madong Lubis Terekam CCTV

Selanjutnya, OK Zulfi menanyakan kesiapan seluruh peserta rapat yang hadir. Terakhir, OK Zulfi  berpesan agar PHDI dapat menyurati kuil untuk mengajak masyarakat Hindu Tamil meramaikan festival Thaipusam. “Ini merupakan tahun ke tiga acara ini kita gelar. Semoga semakin banyak masyarakat yang hadir melihat dan meramaikan festival ini,” bilangnya.

Sementara itu, Ketua PHDI Kota Medan Surya mengucapkan terima kasih kepada Pemko Medan yang telah memfasilitasi rapat koordinasi Thaipusam. Pihaknya pun mengajak masyarakat untuk ikut meramaikan kegiatan yang akan digelar Sabtu (8/1) mendatang. “Kami berharap kita semua dapat bersinergi agar festival Thaipusam berjalan lancar. Ayo kita ramaikan dan meriahkan,”  ajak Surya. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up