Home / MEDAN TODAY / Pemko Tidak Lagi Fasilitasi Jemaah Calon Haji Asal Medan

Pemko Tidak Lagi Fasilitasi Jemaah Calon Haji Asal Medan


Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution saat melepas keberangkatkan 1.854 calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Medan di Hotel Emerald Garden, Rabu (10/8/2016).

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Pemko Medan tidak dapat lagi memfasilitasi atau memberikan pelayanan makan dan minum jemaah haji asal Kota Medan selama berada di Mekkah, sebagaimana tahun sebelumnya.

“Pemerintah pusat (Kementrian Agama) telah menganggarkan makan dan minum bagi para jemaah haji di Mekkah sebanyak 24 kali yakni siang dan malam atau 12 hari. Untuk itu para jamaah haji tidak perlu khawatir tentang pelayanan makan dan minum selama menunaikan ibadah haji, semoga kedepannya pelayanan haji kita semakin baik,” kata Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution saat melepas keberangkatkan 1.854 calon jamaah haji (calhaj) asal Kota Medan di Hotel Emerald Garden, Rabu (10/8/2016).

Pelepasan keberangkatan ini ditandai dengan penepungtawaran sekaligus memberikan ucapan selamat kepada seluruh calhaj, termasuk Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri bersama Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD Medan, Ilhamsyah bersama istri Ratna Sitepu yang juga anggota DPRD Medan.

Baca Juga:  Pastikan Penanganan Darurat Berjalan Optimal, Kepala BNPB Bertolak ke Lumajang

Pelepasan keberangkatan ini berlangsung dengan penuh khidmad. Seluruh calhaj hadir untuk mengikuti acara tersebut. Selain fokus untuk melaksanakan seluruh rukun haji, Akhyar juga berpesan agar seluruh calhaj untukterus menjaga kekompakan antar calhaj, khususnya antar calhaj Kota Medan dan saling membantu.

Selain itu pesan Akhyar lagi, para calhaj juga harus selalu menjaga nama baik dan marbat bangsa, sebab pada saat melaksanakan ibadah haji nanti akan bergabung dengan jamaah dari negara  lain di seluruh dunia. Oleh karenanya para calhaj nantinya diingatkan untuk selalu menghormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Sebagai duta–duta bangsa, jagalah martabat dan kebersamaan serta hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain,” Akhyar.

Sementara itu Ketua BKD DPRD Medan, Ilhamsyah didampingi istri, Ratna Sitepu mewakili calhaj menyampaikan ucapan terima kasih terima kasih kepada Pemko Medan karena telah memfasilitasi jadwal keberangkatan. Diharapkannya ke depan, Pemko Medan lebih memperhatikan kenyamanan para calhaj walaupun saat ini sudah nyaman.

Baca Juga:  Problematika Manajemen Haji Indonesia Menurut Saleh Daulay

“Medan merupakan barometer Sumatera Utara, kami calhaj dari Kota medan berharap kepada Pemko Medan agar lebih giat lagi membangun kota ini. Atas dasar itu kami juga nanti disana akan mendoakan Kota Medan dan pemimpinnya  agar menjadi pemimpin yang amanah dan memajukan kota yang kita cintai,” ungkap Ilhamsyah.

Sebelumnya Kabag Agama dan Pendidikan Kota Medan, Ilyas Mpd  dalam laporannya mejelaskan, keberangkatan calhaj asal Kota Medan ini tergabung dalam beberapa kloter.

“Beberapa calhaj asal Kota Medan tergabung dalam kloter 5, sedangkan yang lainnya tergabung dalam kloter 8 sampai 12. Mereka akan didampingi 12 Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD) yang tergabung di masing – masing kloter,” papar Ilyas.

Selanjutnya Ilyas pun berpesan agar para calhaj nanti untuk menjaga kesehatan, terutama para calhaj yang berusia lanjut. Sebab, berdasarkan informasi yang diterimanya, suhu udara di Tanah Suci saat ini mencapai 42 derajat. Untuk itu Ilyas menyarankan agar para calhaj untuk banyak mengkonsumsi air putih dan mengurangi aktifitas yang kurang perlu. [fad]

Terkait


Berita Terbaru