Home / BINJAI / SUMUT / Pendidikan Pemilih KPU Binjai

Pendidikan Pemilih KPU Binjai


EDISIMEDAN.COM,BINJAI- KPU Kota Binjai menggelar rangkaian kegiatan pendidikan pemilih berkelanjutan tahun 2021. Kegiatan ini akan digelar sebanyak 6 pertemuan mulai Juni dan Juli mendatang. “Sesuai dengan surat edaran dari KPU RI, dalam kegiatan ini KPU Binjai termasuk ke dalam kategori kegiatan dengan Parmas tinggi di atas capaian 70 persen,” sebut Ketua KPU Binjai Zulfan Effendi saat membuka acara pendidikan pemilih, kemarin di Aula KPU Binjai.

 

Hadir anggota KPU Binjai Arifin Saleh dan moderator Kasubag Tekmas Fernando Pinem serta narasumber lainnya Heri Dani Ketua KPU Binjai periode 2013-2018.

 

Dalam kegiatan ini, Ketua Divisi Sosialisasi, SDM dan Parmas KPU Binjai, Robby Effendi mengatakan setidaknya tujuan pendidikan ini untuk memperbanyak jumlah pemilih yang mandiri dan rasional.

 

Artinya kata Robby pilihan politik tidak lagi berorientasi pada kepentingan politik jangka pendek seperti uang, kekuasaan dan kompensasi politik yang bersifat individual.

Baca Juga:  Jabatan Wali Kota Hasil Pilkada 2020 Hanya 3,5 Tahun, Akhyar Gak PeDe Tawarkan Perubahan Besar

 

Dalam paparannya, Robby menerangkan kegiatan ini juga ingin menanamkan kesadaran masyarakat bahwa tujuan akhir dari demokrasi adalah kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

 

Lebih jauh, Masyarakat harus berdaulat atas pilihan politiknya sendiri. Masyarakat tidak bersedia diintervensi oleh kepentingan tertentu

 

“Secara sadar berani menolak politik uang,” sebut Robby.

Hal lain, Robby mengatakan KPU Binjai walaupun tingkat partisipasi pemilih meningkat, pihaknya memberi perhatian kepada empat kelurahan yang minim tingkat partisipasinya.

 

Kelurahan itu diantaranya Pekan Binjai, Bandar Sinembah, Pahlawan dan Tanah Tinggi. Kemudian Kelurahan yang rawan konflik dan bencana yaitu Berngam dan Setia.

 

“Selanjutnya kegiatan seri pendidikan pemilih akan difokuskan di kelurahan tersebut,” sebut Robby (op)

Terkait


Berita Terbaru