Home / SUMUT / Pendiri UISU, Kampus Tertua di Sumut Wafat Jelang Hardiknas

Pendiri UISU, Kampus Tertua di Sumut Wafat Jelang Hardiknas


Tokoh pendidikan Sumut yang juga pendiri Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Almarhum Hj Sariani Amiraden Siregar tutup usia 90 tahun. Almarhumah dimakamkan di areal pekuburan Mejid Raya Al-Mahsun, Jl Sisingamangaraja Medan, Minggu (1/5/2016) sore sekitar pukul 15.00 WIB.

EDISIMEDAN.COM, MEDAN. Dunia pendidikan Sumatera Utara berduka dengan wafatnya Hj Sariani Amiraden Siregar Minggu (1/5/ 2016) pagi sekitar jam 11.00 WIB. Pendiri UISU itu wafat bersamaan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada 2 Mei.

“Akhir Maret lalu, kita kehilangan tokoh pendidikan Sumut, Prof Dr Achmad Fadhil Lubis, Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara. Hari ini kita kembali kehilangan satu tokoh pendidikan Sumut Hj Sariani, pendiri Universitas Islam Sumatera Utara tutup usia 90 tahun. Dunia pendidikan Sumut berkabung,” sebut Tengku Erry Nuradi kepada wartawan saat mengunjungi rumah duka di Jl Garu III, No 98 Medan, Minggu (1/5/2016) malam.

Erry mengatakan, almarhum Hj Sariani telah mengabdikan hidup dan dedikasinya dalam mendirikan UISU sebagai universitas swasta tertua di Sumut sekaligus universitas pertama di luar Pulau Jawa pada 7 Januari 1951 lalu.

“Jasa Almarhumah sangat besar dalam mencerdaskan anak bangsa, terutama di Sumatera Utara. Saya mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyatakan turut berduka cita atas kepergian Almarhum. Semoga amal ibadah Almarhum diterima Allah,” ujar Erry.

Almarhumah Hj Sariani salah seorang dari empat pendiri UISU yakni H Bahrum Jamil, Adnan Benawi, Rivai Abdul Manaf dan Sabaruddin Ahmad.

Dari banyak literatur, sebut Erry, para pendiri UISU pertama kali membuka kelas persiapan Akademi Islam Indonesia (setara dengan kelas III SMA bagian A) dan selanjutnya dengan dukungan Abdul Hakim (Gubernur Sumatera Utara) dan KH A Wahid Hasyim yang menjabat Menteri Agama saat itu, mengubah Akademi Islam Indonesia menjadi Perguruan Tinggi Islam Indonesia (PTII) pada 7 Januari 1952.

“Pada tahun 1952 itu, dimulai perkuliahan pertama Fakultas Hukum dan Ilmu Kemasyarakatan. Selanjutnya, Perguruan Tinggi Islam Indonesia berkembang menjadi Universitas Islam Sumatera Utara,” papar Erry.

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up