Penguatan Publisitas  SP2020, BPS Provinsi Gelar Workshop Wartawan

18

EDISIMEDAN.COM,Deliserdang- Sensus Penduduk (SP) Tahun 2020 akan segera digelar di Sumatera Utara, Badan Pusat Statistik Provinsi Sumatera Utara (BPS Provsu) menggelar workshop wartawan 27-30 November 2019 di Hotel Pancur Gading Resort, Deliserdang. 

 
Kepala BPS Provsu, Syech Suhaimi dalam kata sambutannya menyatakan kegiatan workshop wartawan merupakan rangkaian kegiatan Persiapan Sensus Penduduk 2020 yang dilaksanakan pada Tahun Anggaran 2019. Dimana dalam rangka penyampaian informasi.
“Wartawan boleh menuliskan apa saja, tetapi harus selalu di cek kedalaman dari setiap berita itu. BPS adalah instansi yang tidak berpihak kemanapun, serta selalu mengeluarkan angka yang mencerminkan potret kondisi Indonesia sebenarnya,” paparnya.
Dikatakan Suhaimi,  Independensi merupakan harga mati bagi BPS. Sebagai jurnalis, tentu punya tanggung jawab moral untuk menyampaikan hal yang benar kepada publik. Itu sebabnya ditegaskannya,  kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman kepada insan Pers akan terminologi-terminologi Kementrian/Lembaga yang tidak bisa dengan mudah dipahami masyarakat
Workshop ini akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari efektif  membahas indikator-indikator ekonomi dan sosial yang selama ini menjadi produk yang dihasilkan oleh BPS dan menjadi acuan dalam kebijakan-kebijakan yang diambil para stakeholder, baik Pemerintah maupun Swasta.
Ini juga dilakukan guna menghindari perbedaan persepsi yang diterima oleh pers dimana selama ini perbedaan persepsi yang diterima oleh insan pers sering menimbulkan kekacauan di masyarakat.
Dalam kesempatan itu, Suhaimi menyatakan kesalahan terminologi yang digunakan oleh media selama ini bisa memiliki dampak yang signifikan. Contohnya saat pertumbuhan konsumsi rumah tangga disebut ‘turun’, padahal seharusnya melambat. Mindset pelaku ekonomi bisa terkacaukan saat membaca kata ‘turun’ tadi, kesannya daya beli masyarakat seolah-olah sudah tidak ada. Padahal, konsumsi rumah tangga ini tetap tumbuh, hanya saja pertumbuhannya lebih kecil dibandingkan periode sebelumnya hanya saja melambat. Karena itulah pentingnya adanya Workshop wartawan dilakukan BPS Sumut.
“Saya harapkan dengan adanya kegiatan workshop ini, insan pers memilliki satu pandangan yang sama dengan yang disampaikan oleh BPS. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan keakraban antara BPS dan pihak Media,” ucapnya.
Dan menjelang pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 ini diharapkannya para wartawan lebih intens mensosialisasikan kegiatan sensus tersebut di media masing-masing sehingga masyarakat khususnya Sumatera Utara lebih peduli untuk berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan SP2020.
Hadir pada kegiatan itu, para pejabat Eselon III BPS Provinsi Sumatera Utara dan para insan Pers dari berbagai media cetak dan elektronik di Medan. (Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?