Penukaran Uang Pecahan Baru Sudah Bisa Dilakukan Hari Ini

43

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Hari ini merupakan hari pertama Layanan penukaran uang pecahan kecil (UPK) di Kota Medan. Berdasarkan jadwal yang diterima dari Kantor Bank Indonesia (BI) Perwakilan Sumut hari pertama ini, Senin (20/5/2019) berlangsung lapangan merdeka Medan, instansi di OJK jalan Gatot Subroto, dan pasar tradisional simpang jodoh Tembung.

Kepala BI Perwakilan Sumut, Wiwiek Sisto mengatakan penukaran uang ini berlangsung sejak tanggal 20 Mei- 23 Mei dan 27 -29 Mei 2019. Agar penukaran uang tidak berdesakan ia menghimbau Agar masyarakat melakukan penukaran uangnya ditempat-tempat penukaran resmi yang disediakan BI dan Perbankan Sumut.

“Kami (BI dan Perbankan) menyediakan tempat penukaran uang di lebih 131 tempat. Penukaran uang juga dilakukan di 15 pasar di sekitar Medan. Selain itu juga di bebebrapa lokasi instansi pemerintah seperti Pemprovsu, Pemkot Medan, Lantamal I, Polda, Pangdam dan TVRI,” ungkapnya.

Masyarakat dimintanya jangan khawatir karena jumlah uang pecahan baru yang diedarkan cukup banyak yakni lebih dari Rp 8, 6 triliun. “Uang pecahan kita cukup. Jadi marilah masyarakat untuk dapat menukarkan di lokasi2 resmi yg disediakan BI dan Perbankan,” pintanya.

Sementara itu, ini jadwal Penukaran uang pecahan baru tahun ini. Untuk di instansi pemerintah berlangsung sejak tanggal 20 Mei sampai 29 Mei 2019 dimulai pukul 09.00 wib- 12.00 wib. Diantaranya, OJK tanggal 20 Mei 2019, Pemko Medan tanggal 21 Mei, Lantamal IBelawan tanggal 22 Mei, Polda Sumut tanggal 23 Mei, Pemprovsu tanggal 24 Mei, Kejari Medan 27 Mei, Brimob 28 Mei, TVRI 29 Mei.

Sedangkan pelaksanaan penukaran uang pecahan baru di Lapangan Merdeka berlangsung pada tanggal 20 Mei sampai 29 Mei 2019 yang dilaksanakan semua perbankan yakni BI, Mandiri, Maybank, BNI, BRI, BRI Syariah, CIMB Niaga, Bank Permata, BJB, Mestika, Mega, Muamalat, BSM, BCA.

Dan untuk jadwal Penukaran uang di pasar tradisional yakni tanggal 20 Mei di pasar simpang jodoh, 21-22 Mei di pusat pasar, Petisah, bakti, Sukaramai, Simalingkar, titipan, Titi kuning, Sambas, pasar Brayan, Marelan, simpang limun, dan tanggal 27 Mei di pajak USU jamin Ginting, 28 Mei di pasar seni Sikambing dan tanggal 29 Mei 2019 akan berlangsung di Pasar Medan baru. (Mahbubah Lubis)

 

Apa Tanggapan Anda?