Home / MEDAN TODAY / Penyemprotan Disinfektan Massal Dilakukan

Penyemprotan Disinfektan Massal Dilakukan


EDISIMEDAN.Pemko Medan menurunkan Tim Gugus Tugas Covid-19 dalam Apel Gabungan TNI Polri dan Pemerintah Daerah bertajuk Aman Nusa II pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Jalan Gatot Subroto (depan Plaza Medan Fair) Kelurahan  Sekip Kecamatan Medan Petisah, Selasa (31/03).

Apel gabungan ini dilaksanakan guna menindak lanjuti Maklumat Kapolri dan Surat Telegram yang ditandai tangani Wakapolri Nomor : St/1008/III/Kes.7/2020 tertanggal 27 Maret 2020 tentang Penyemprotan Disinfektan Secara Massal untuk meminimalisir tingkat penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Apel tersebut dipimpin langsung Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Martuani Sormin, bersama Pangdam I /BB Mayjend TNI MS Fadhillah serta Gubernur Sumut Edy Rahmayadi. Dalam arahannya Kapolda meminta semua pihak mematuhi aturan pencegahan virus Corona yang dibuat pemerintah. Dia mengatakan aturan itu juga berlaku bagi para pejabat.

Baca Juga:  Bantah Diciduk Polda, Ramadhan Pohan Mengaku Diperas

“Mengimbau seluruh warga Sumatera Utara untuk mengikuti protokol. Siapa pun dia, baik pejabat daerah, pejabat pemerintah, TNI, dan Polri. Patuhi protokol yang sudah disiapkan pemerintah,” ujarnya.

Seusai digelarnya apel seluruh armada yang turut menyukseskan penyemprotan masal ini mulai bergerak sesuai dengan arahan yang telah diberikan. Tim Gugus Tugas Kota Medan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan dan Dinas Pencegah dan Pemadam Kebakaran (P2K) Kota Medan untuk mengerahkan sejumlah armada untuk membantu penyemprotan di beberapa ruas jalan di Kota Medan.

Dalam penyemprotan masal tersebut tim gabungan menurunkan sebanyak 3 unit mobil patroli polisi dan pengawal (Patwal) serta 3 mobil yang terdiri dari water canon, pick up TNI dan mobil pemadam Dinas P2K. Penyemprotan diibagi dalam 3 rute. Adapun Rute yang pertama dimulai dari Jalan Gatot Subroto – Simpang Pinang Baris – Pajak Melati – Simpang Pemda – Jalan Ngumban Surbakti – Jalan Gatot Subroto (finish).

Baca Juga:  Soal Video Viral Pria Ngaku TNI yang Tak Beri Jalan Ambulans, Ini Sikap Kodam Bukit Barisan

Kemudian rute yang kedua dimulai dari Jalan Gatot Subroto – Jalan Iskandar Muda – Jalan Juanda – Jalan Halat – Jalan Bromo – Jalan Suka Ramai – Jalan Gatot Subroto (finish). Selanjutnya rute yang terakhir dimulai dari Jalan Gatot Subroto – Iskandar Muda – Simpang Gajah Mada – Jalan S Parman – Jalan Kapten Maulana Lubis – Jalan Balai Kota – Jalan Putri Hijau – Jalan Glugur – Jalan Adam Malik – Jalan Gatot Subroto (finish).

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kota Medan Arjuna Sembiring mengatakan bahwa pada saat ini Pemko Medan ikut serta dalam penyemprotan massal. Penyemprotan cairan disinfektan kali ini dilakukan di seputaran ruas jalan protokol. “Penyemprotan ini akan terus kita lakukan tidak hanya di Kantor, pasar-pasar tradisional, rumah warga serta tempat ibadah saja, tetapi juga di seputaran ruas jalan protokol Kota Medan,” jelas Arjuna.

Baca Juga:  Kaki Anggota DPRD Sumut Patah dalam Kecelakaan Mobil

Selain melakukan penyemprotan, jelas Arjuna, Tim Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Kota Medan juga akan melakukan imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul di luar rumah. “Jadi selain menyemprot kita juga akan menghimbau masyarakat mengimbau kepada masyarakat agar tidak keluar rumah untuk memutus rantai penyebaran virus corona,” tegasnya.(Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up