Peringatan Hardiknas Zaman Now Hanya Sekedar Seremoni

33
Peringatan Hardiknas 2018 di Kabupaten Karo yang digelar di Halaman Kantor Bupati Karo, Rabu (02/05/2018) tepatnya di Jalan Jamin Ginting No.17.

EDISIMEDAN.com, KARO- Biasanya peringatan Hari Pendidikan Nasional diisi dengan menampilkan kreasi murid dan guru yang menunjukkan manusia cerdas, memiliki pengetahuan dan keterampilan. Bukan hanya upacara bendera, mendengar pidato dan sambutan pejabat tinggi negara.

Seperti pada peringatan Hardiknas 2018 di Kabupaten Karo yang digelar di Halaman Kantor Bupati Karo, Rabu (02/05/2018) tepatnya di Jalan Jamin Ginting No.17. Dari tahun ke tahun hanya upacara bendera dan mendengarkan sambutan dan pidato pejabat tinggi.
Setelah itu tidak ada kegiatan lainnya, kesan memperingati Hardiknas hanya lelah, pegal berdiri dan berpanas-panasan mendengar pidato Mendikbud RI Muhadjir Effendy yang dibacakan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH.

Hal ini dikatakan salah satu aktifis pemerhati Pendidikan Karo, Joni Ginting (56) kepada wartawan. Yang mana Peringatan Hari Pendidikan Nasional “Zaman Now” tidak kreatif dan mengesankan.
Seharusnya semua warga sekolah bisa lebih memberi insiprasi untuk peningkatan kualitas pelayanan pendidikan di sekolah. Amat terlebih menunjukkan kretifitasnya pada peringatan Hardiknas.

“Dari tahun ke tahun cuma upacara dan dengar pidato, setelah itu tak ada kegiatan lainnya sebagai bentuk memperingati Hardiknas,”ketusnya.

Padahal, sambungnya lagi, banyak kegiatan-kegiatan yang bisa ditampilkan dan berkesan dalam memperingati Hardiknas. Seperti lomba stand up comedy, lomba flash mob, lukis, pertandingan olahraga dan tari tradisional antar kelas atau antar sekolah berthemakan manusia yang cerdas, mandiri dan rasa bertanggungjawab pada bangsa.

“Masih banyak lagi kegiatan sekolah yang bisa diperlombakan yang bermuara pada aktualisasi tujuan pendidikan nasional. Lomba demonstrasi juga bisa, agar sejak sekolah anak murid punya pengetahuan dan pengalaman demonstrasi untuk mencapai tujuan atau keinginan dengan cara yang baik dan beradab tidak anarkis,”sebut Ginting mengakhiri.

Pantauan wartawan, upacara Peringatan Hardiknas 2018 yang berthemakan “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan” di Halaman Kantor Bupati diikuti unsur ASN, TNI/Polri, para Pelajar SD, SMP, SMA dan Mahasiswa berjalan dengan baik.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dalam membacakan Pidato Mendikbud RI mengajak seluruh komponen untuk menjadikan peringatan Hardiknas sebagai momentum untuk merenungkan hubungan erat antara pendidikan dan kebudayaan sebagaimana tercermin dalam pemikiran dan pendidikan yang dilakukan Ki Hadjar Dewantara.

“Mari kita jadikan momentum untuk melakukan muhasabah, Mesu Budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah kita perjuangkan di bidang pendidikan. Berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan, pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Selamat memperingati hari pendidikan nasional, teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi demi menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia,”ajak Terkelin. [anita]

Apa Tanggapan Anda?