Home / NEWS / Peringatan KY untuk Pihak yang Ingin Mengubah Arah Persidangan Ahok

Peringatan KY untuk Pihak yang Ingin Mengubah Arah Persidangan Ahok


EDISIMEDAN.com, JAKARTA – Komisi Yudisial memberikan sikap terhadap pemberitaan mengenai berbagai kondisi yang cenderung berubah menjadi desakan pada penundaan sidang kasus penistaan agama untuk terdakwa Basuki Tjahaja Purnama di PN Jakarta Utara, Selasa (11/4/2017).

“Terhadap seluruh faktor dan kondisi tersebut, Komisi Yudisial menyerukan agar seluruh pihak tidak terkecuali siapapun itu, untuk patuh memenuhi ketentuan dan tahapan persidangan yang ditetapkan majelis hakim,” ujar juru bicara Komisi Yudisial Farid Wajdi dalam siaran persnya, Selasa (11/4/2017).

Menurut Faird, alasan yang dilatarbelakangi kendala teknis tidak dapat dibenarkan apalagi sampai mempengaruhi proses persidangan. Diskresi untuk merubah tahapan sepenuhnya berada pada majelis hakim tidak dari arah yang lain.

BACA JUGA
Sidang Ditunda, Ahok Dituntut Usai Pilgub, Pengunjung: Sandiwara!!

Komisi Yudisial turut menguatkan pengadilan maupun para hakim untuk tetapĀ  bertahan dan tidak terpengaruh intervensi manapun dalam menyidangkan kasus ini.

Baca Juga:  Kesaksian Pria Asal Padangsidempuan Masuk dalam Pertimbangan Hakim Memvonis Ahok

“Kami juga menyampaikan pesan ini dengan jelas seraya memperingatkan siapapun yang mencoba mengubah arah persidangan baik secara langsung maupun tidak langsung, maka berhentilah atau kami akan melakukan tindakan yang diperlukan,” tegas Farid.

Dengan memastikan jalannya sesuai dengan Hukum Acara serta keputusan musyawarah majelis, maka Peradilan Indonesia sedang menunjukkan profesionalitasnya dan berikan harapan kepada publik tentang nilai adil yang sebenarnya. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up