Home / BISNIS / Petani Durian di Langkat Gagal Panen

Petani Durian di Langkat Gagal Panen


EDISIMEDAN.COM, LANGKAT- Akibat cuaca buruk belakangan ini hasil perkebunan  petani durian di Desa Kwala Air Hitam, Kecamatan Selesai  Kabupaten Langkat, Sumatera Utara mengalami gagal panen.


Hasil perkebunan durian kali ini tidak seperti sebelumnya, jumlahnya sangat menurun dan bahkan banyak yang gugur dan kualitasnya sangat buruk. Alhasil, hasil panen tidak dapat dijual ke agen durian.

Salah seorang petani durian di kawasan itu,  membenarkan bahwa tahun ini pohon  durian miliknya tidak banyak berbuah. Setiap pohonnya hanya  menghasilkan buah sekitar 10 sampai 15 buah saja.


”Tahun ini kami gagal panen. Kami tidak banyak berharap, dan kalau tahun sebelumnya cukup lumayan banyak sehingga selain bisa kami santap dengan sanak saudara, hasil panen juga bisa kami jual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Fahmi pada Jumat (26/6/2020).

Baca Juga:  Pembangunan Pasar Modern Armani Dimulai

 Hal senada juga di ungkapkan Ira, bahwa ia juga mengakui mengalami gagal panen. Diterangkannya pohon duriannya sempat berbunga dan sempat membuatnya senang namun sayang hanya sedikit yang tumbuh menjadi buah durian.


 ”Padahal dulu bunganya banyak sekali, tapi mungkin karena kena cuaca buruk dan angin kencang sejak bulan Juni ini, sehingga buah durian  banyak yang gugur meski usia buah durian sudah mulai tua,” ucap Ira kecewa. (Mahbubah Lubis)
.

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up