Pileg 2019, Dapil Binjai Timur Bertambah Satu Kursi

68
Daftar Nomor Urut 14 Partai Politik Peserta Pemilu 2019. [edisimedan.com/ilustrasi]

EDISIMEDAN.com, BINJAI- Komisi Pemilihan Umum Indonesia mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 265/PL.01.3-Kpt/KPU/IV/2018 tentang penetapan daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah tingkat provinsi hingga kabupaten/kota untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 mendatang. Untuk Kota Binjai, terjadi perubahan alokasi jumlah kursi.

Alokasi kursi pada Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Binjai Utara berkurang 1 dari Pileg 2014 tersedia 9 kursi. Artinya pada Pileg 2019 mendatang, ada 8 kursi alokasinya untuk Dapil 2. Sementara pada Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Binjai Timur bertambah 1 kursi dari sebelumnya 6, menjadi 7 kursi.

Menurut Kordinator Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi, pihaknya semula mengajukan perubahan pada Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Binjai Kota dan Binjai Barat.

“Kami mengusulkan Dapil 1 itu dipecah. Jadi bertambah 1 Dapil lagi. Masing-masing kecamatan ada Dapilnya,” kata Zulfan, Kamis (12/4).

Sayangnya, usulan KPU Binjai kandas. KPU Indonesia, kata Zulfan menilai, hal tersebut tak perlu terjadi perubahan. Penilaian tersebut juga berdasarkan hasil rapat pleno KPU Indonesia bersama partai politik peserta Pemilu.

“Dapil Binjai Timur bertambah 1 alokasi kursinya karena pertumbuhan penduduk meningkat sehingga jumlah pemilih tentunya bertambah. Sementara pada Binjai Utara, jumlah pemilih berkurang,” urainya.

Sayang, Zulfan tak ingat jumlah penduduk pada kedua Dapil tersebut saat pesta demokrasi 2014 lalu. “Datanya di kantor,” jelasnya dari sambungan telepon selular.

Pada Pileg 2019 nanti, berdasar data KPU Binjai, tercatat jumlah penduduk di Binjai Timur sebanyak 60.892. Sementara pada Binjai Utara, jumlah penduduknya sebanyak 79.175.

“Untuk DPRD Sumut tetap, Binjai-Langkat Dapil Sumut 12. Begitu juga dengan DPD, masih tetap alokasi 4 kursi,” tukasnya.

Menanggapi ini, anggota DPRD Binjai, Tengku Matsyah tak khawatir atas perubahan tersebut. Dia yang berencana juga kembali mencalonkan diri pada 2019 mendatang bilang, tidak ada strategi baru yang disiapkannya.

“Enggak ada masalah, yang penting tetap berjuang dapat minimal 1 kursi di Binjai Utara. Jalani saja apa adanya. Tetap serap aspirasi dan perduli ke masyarakat,” pungkas Sekretaris DPD Partai Nasdem Kota Binjai ini. [op]

Apa Tanggapan Anda?