Home / MEDAN TODAY / Pilkada Medan| Calon Independen Harus Didukung 179.671 Penduduk

Pilkada Medan| Calon Independen Harus Didukung 179.671 Penduduk


MEDAN| Komisioner Teknis Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan, Pandapotan Tamba mengatakan, syarat dukungan masyarakat untuk pasangan calon Walikota dari jalur Independen (non partai), harus mendapat dukungan sebesar 6,5 persen dari total jumlah penduduk Medan.

Artinya pasangan non partai harus mengumpulkan minimal sekitar 179.671  ribu orang  pemilih dari penduduk Kota Medan.

Sebab itu, KPU Medan mengimbau kepada bakal calon kepala daerah Kota Medan yang akan mendaftar dalam Pilkada tahun 2015 sesegera mungkin  menyiapkan data dukungan dari warga. Kemudian dukungan itu harus riil karena akan diverifikasi Tim Adhock KPU secara profesional.

“Kalau bisa fotokopi KTP dukungan warga harus sebanyak-banyaknya melebihi dari batas minimal yang ditetapkan, karena jika nanti ditemukan hal-hal yang tidak sah  jumlah nya tidak kurang dari yang ditetapkan,” jelas Tamba seperti dilansir hariansib.co.

Baca Juga:  Menuju TPS, Aulia dan Istri Kendarai Mobil Hardtop Hijau Tosca

Terkait regulasi pendaftaran  pasangan calon independen pada Pilkada tahun 2015,  dia  menjelaskan 36 hari sebelum pendaftaran, calon kepala daerah dari perseorangan harus sudah menyerahkan berkas dukungan kepada KPU.

Hal ini dimaksudkan agar Tim Verifikasi bisa menjalankan tugasnya dengan maksimal  untuk melakukan croscek data di lapangan. Prosesnya lanjut Panda, setelah penerimaan berkas berupa dokumen pasangan calon perseorangan beserta dukungannya, pihak tim Adhock KPU  akan melakukan verifikasi secara administratif dan faktual, setelah itu baru ditetapkan apakah memenihi atau tidak syaratnya.

Untuk menunjang verifikasi door to door ini secara profesional, KPU Medan telah mengajukan anggaran ke Pemko  Medan sebesar Rp1.000 per dukungan.

Artinya, setiap dukungan akan dipastikan melalui verifikasi faktual. “Saat ini Anggaran KPU Medan untuk menyelenggarakan Pilkada tahun 2015 ini adalah sebesar  60 miliar,” kata Pandapotan Tamba.

Baca Juga:  Inilah 14 Nama Anggota DPRD Sumut yang Diperiksa KPK Hari Ini

Tim Adhock
Terkait kian dekatnya pagelaran Pilkada Kota Medan yang dijadwalkan Desember 2015 nanti, KPU Kota Medan mengagendakan pembentukan penyelenggara adhoc tingkat kecamatan sampai kelurahan.

Menurut Pandapotan Tamba, pihaknya akan menyiapkan proses pembentukan badan penyelenggara di bawahnya seperti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Panitia Pemungutan Suara (PPS) di tingkat kelurahan. Prosesnya direncanakan mulai 16 April mendatang.

“Agenda yang pertama itu adalah badan penyelenggara adhoc (PPK da PPS) dan bimbingan teknis. Setelah itu permintaan penerimaan daftar pemilih agar dianalisis untuk nantinya dimutakhirkan oleh PPS atau pantarlih,” pungkas Tamba. [Sib]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up