Home / MEDAN TODAY / Plt Gubsu Sayangkan PDAM Tirtanadi Belum Memberi Kontribusi

Plt Gubsu Sayangkan PDAM Tirtanadi Belum Memberi Kontribusi


Plt Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi didampingi jajaran direksi PDAM Tirtanadi meninjau sarana pengolahan di Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Sunggal, Senin (9/5/2016).

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Pelaksana Tugas Gubernur Sumatera Utara, Tengku Erry Nuradi meresmikan sekaligus meninjau beberapa unit IPA yang sudah dibangun dan mendapatkan peningkatan kapasitas di Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Sunggal, Senin (9/5/2016).

IPA Sunggal yang sebelumnya memiliki kapasitas 1.700 l per detik, kini bertambah kapasitas menjadi 700 liter per detik menjadi 2.400 liter per detik.

“Penambahan kapasitas 700 l per detik, kita harapkan dapat menanggulangi defisit air seperti di kawasan Padang Bulan, Helvetia, Medan Timur dan Medan Utara,” harap Erry.

Erry juga mendorong PDAM Tirtanadi mewujudkan target cakupan pelayanan air bersih pada tahun 2019 sebesar 83%. Dengan demikian, PDAM Tirtanadi mampu memberikan layanan untuk pasangan baru dengan pelayanan maksimal.

“Masih banyak pipa yang belum dibersihkan. Begitu juga fasilitas lain perlu perbaikan agar kualitas air di rumah penduduk memuaskan,” sebut Erry.

Baca Juga:  Website dan Call Center Tirtanadi 1500-922 Resmi Beroperasi

Dalam kesempatan itu, Erry juga menyayangkan PDAM Tirtanadi yang hingga saat ini belum mampu memberi kontribusi terhadap peningkatan PAD Sumut. Untuk itu, PDAM diharapkan segera meningkatkan kinerja demi mencapai target Millennium Develoment Goals (MDGs).

Jika tidak, PDAM belum diwajibkan menyerahkan keuntungan untuk PAD. Keuntungan yang diperoleh akan diinvestasikan kembali untuk meningkatkan pelayanan kepala masyarakat pelanggan.

“Saya melihat instalasi yang digunakan saat ini peninggalan jaman Kolonial. Di Sibolangit, justru sangat baik dan bertahan lama. Jangan sampai yang dibangun sekarang cepat rusak. Perbaikan infrastruktur PDAM perlu diutamakan,” pesan Erry.

Sementara Direktur Umum PDAM Tirtanadi, Sutedi Raharjo mengatakan,
pembangunan IPA Sunggal bersumber dari dana penyertaan modal Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut setelah mendapat persetujuan DPRD Sumut.

“Terakhir kali diresmikan 2006, maka tahun 2016 ini ada penambahan kapasitas 500 l per detik yang baru, 200 liter per detik updating,” papar Sutedi.

Baca Juga:  Erry Ambil Alih Tugas Gatot Serahkan TR Plh Walikota kepada Syaiful Bahri

Sutedi juga melaporkan, sambungan baru bertambah lebih 125 ribu periode 2006-2016.

“Ini menjadi penambahan pemikiran karena keterbatasan suplay, kedepan terus berupaya pembangunan instalasi baru dan jaringan baru, untuk mewujudkan tujuan program MDGs,” ucap Sutedi.

Dalam kesempatan itu, Sutedi juga menyatakan rasa terimakasih karena Business Plan telah disetujui. Penambahan 2.200 l per detik untuk kawasan Medan cakupan diatas 83% terpenuhi pada 2019.

“Kendala selama ini adalah investasi, dan pemenuhan suplai air baku yang sudah kritis. Kami harap Program pembanguna SPAM Mebidang bisa didukung dan terwujud,” harap Sutedi. [ded]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up