Home / MEDAN TODAY / PUD Pasar Kota Medan Aksi Bersih Pasar

PUD Pasar Kota Medan Aksi Bersih Pasar


EDISIMEDAN.com, MEDAN– Bekerjasama dengan Bank Sumut, Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pasar Kota Medan melakukan aksi bersih-bersih pasar. Sebagai contoh, aksi bersih pasar bersama Bank Sumut tersebut dimulai dari Pasar Petisah Medan, Jumat (15/10).

Aksi bersih-bersih pasar dengan Bank Sumut dilaksanakan pada 52 pasar lainnya yang ada di bawah naungan PUD Pasar Kota Medan. Ini merupakan komitmen Pemko Medan, dalam hal ini PUD Pasar Kota Medan dalam mengejar target Pasar Bersih yang digaungkan Wali Kota Medan Bobby Nasution.

“Kolaborasi PUD Pasar dengan Bank Sumut ini bukan yang terakhir, tapi aka dilanjutkan dan berkesinambubgan di pasar-pasar yang lain,” ucap Dirut PUD Pasar Kota Medan Suwarno pada Jumat (15/10).

Dikatakan Suwarno, aksi bersih-bersih pasar yang mereka lakukan tidak hanya sekadar membersihkan sampah di 53 pasar yang ada di Kota Medan.

Baca Juga:  Pengusaha Hotel Garuda Medan Hendra Arbie Jabat Komisaris Bank Sumut

“Tapi tadi kita juga melakukan aksi bersih pasar seperti mengecat bangunan gedung pasar dan merawat pasar yang ada. Dan itu yang harus kita tingkatkan kepada para pedagang,” ujarnya.

Sementara itu, Perwakilan Bank Sumut Budi Anshari Nasution, menjelaskan bahwa dalam kondisi Kota Medan yang sudah memasuki PPKM Level 2, Bank Sumut sangat berkeinginan untuk kembali meningkatkan perekonomian masyarakat. Sebab para pedagang yang ada di pasar-pasar tradisional merupakan mitra Bank Sumut, baik secara pembiayaan ataupun kredit.

“Disini lah Bank Sumut coba berkolaborasi, tidak hanya sisi bisnisnya, tapi juga dari sisi sosial dan ekonominya. Kita berkolaborasi bagaimana bisa meningkatkan citra PUD Pasar Medan terlebih dahulu dengan program bersih-bersih yang di gagas Pak Wali Kota Medan. Sehingga, tagline Medan Bersih yang digaungkan pak Wali Kota Medan bisa kita wujudkan bersama-sama,” pungkasnya.

Baca Juga:  Pangkostrad & Wali Kota Ajak Warga Tanam Cabai Di Perkarangan Rumah

Bukan hanya cuma dengan PT Bank Sumut, PUD Pasar juga berkolaborasi dengan Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Medan. Kedepannya, PUD Pasar Kota Medan akan memilah, mengolah dan mendaurulang semua sampah yang ada di pasar-pasar Kota Medan sebelum dibawa ke Tempat Penampungan Akhir (TPA) sampah yang ada di Kelurahan Terjun Kecamatan Medan Marelan.

“Kita telah melakukan kerjasama terkait kebersihan lingkungan. Dimana, sampah-sampah yang ada di pasar nanti akan kita olah menjadi pupuk organik,” ucap Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, Syarif Irsan Dongoran kepada Sumut Pos, Jumat (15/10) saat meninjau aksi bersih-bersih pasar di Pasar Petisah Medan.

Dikatakan Dongoran bersama Kadis Lingkungan Hidup Zulfansyah, Asisten Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Khairul Syahnan, dan Kabag Perekonomian Regen yang ikut meninjau Pasar Petisah saat itu, nantinya sistem pengolahan sampah tersebut akan berlaku di 53 pasar yang ada di Medan.

Baca Juga:  Rayakan HUT Kota Medan Ke 428, PT Kereta Api Berikan Tarif Diskon

“Ya itu akan berlaku di 53 pasar. Tapi pada saat ini, yang sudah di Launching Pak Wali Kota itu adalah Pasar Lau Cih. Nantinya pasar-pasar yang ada di dalam pasar akan diangkat keluar oleh pihak PUD Pasar, selanjutnya akan dibawa ketempat pengolahan setempat. Pengolahannya itu disekitar Pasar Lau Cih itu juga,” ujarnya.

Dengan demikian, khusus untuk 53 pasar yang ada di Kota Medan, nantinya sampah tidak akan diangkut pihak kecamatan seperti yang menjadi tupoksi setiap kecamatan saat ini.

“Untuk retribusi sampah, PUD Pasar tetap akan menyetorkan secara langsung ke Dinas Kebersihan,” katanya. (red)

Terkait


Berita Terbaru