Home / NEWSSUMUT / Puluhan Hektar Hutan di Samosir Terbakar

Puluhan Hektar Hutan di Samosir Terbakar


Kebakaran Hutan di Samosir. [Foto: Internet]

EDISIMEDAN.com, MEDAN – Kebakaran lahan dan hutan kembali terjadi di Kabupaten Samosir, Rabu (10/8/2016). Ini merupakan yang ketiga kalinya si jago merah melahap lahan di pulau yang berada di tengah Danau Toba tersebut.

Dari informasi yang diperoleh, kebakaran puluhan hektar lahan dan hutan tersebut telah berlangsung sejak sekitar pukul 14.00 WIB. Angin yang berhembus kencang membuat api semakin cepat merembet ke daerah yang dipenuhi rerumputan kering tersebut.

“Hari ini kembali terjadi kebakaran hebat di kawasan Tele Kabupaten Samosir. Api menghabiskan seluruh hutan yang tersisa,” ungkap Ketua Fraksi NasDem DPRD Samosir Sarhochel Martopolo Tamba, Rabu (10/8/2016) sore.

Ia memaparkan, upaya pemadaman yang dilakukan oleh petugas pemadam kebakaran Kabupaten Samosir pun kewalahan memadamkan api yang terus merambat. Dalam upaya pemadaman tersebut, petugas damkar dibantu oleh pihak BPBD Samosir.

Baca Juga:  Kursi Helikopter Ditemukan, Kemungkin Jatuh ke Danau Toba Menguat

“Helikopter yang diturunkan dan petugas pemadam kebakaran tidak mampu memadamkan api,” imbuh Sarhocel Martopolo Tamba.

Akibat dari kebakaran tersebut, asap tebal pun mengepul serta membumbung tinggi ke udara. Ini merupakan ketiga kalinya hutan kawasan Samosir dilahap sijago merah. Sebelumnya, kejadian serupa juga terjadi pada pekan lalu. Api belum bisa dipadamkan hingga belasan jam. [buwas]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up