Home / NEWSSUMUT / Puluhan Lampu Jalan di Rantauprapat Padam, Warga Harap Perbaikan Sebelum Ramadhan

Puluhan Lampu Jalan di Rantauprapat Padam, Warga Harap Perbaikan Sebelum Ramadhan


Padamnya puluhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di sepanjang ruas jalan Lingkungan Sibuaya, Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Selatan membuat warga mengeluh. Mereka di sana mendambakan perbaikan fasilitas umum tersebut, terlebih jelang bulan puasa Ramadhan 1440 H.

EDISIMEDAN.com, RANTAUPRAPAT: Padamnya puluhan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di sepanjang ruas jalan Lingkungan Sibuaya, Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Selatan membuat warga mengeluh. Mereka di sana mendambakan perbaikan fasilitas umum tersebut, terlebih jelang bulan puasa Ramadhan 1440 H.

Fasum LPJU di sana sudah padam dalam dua bulan terakhir. Akibatnya, ruas jalan umum menjadi gelap di malam hari. Kondisi ini sudah dilaporkan masyarakat kepada Dinas terkait, namum hingga berita ini terpublikasi sama sekalu belum ada respon dan itikad Pemkab Labuhanbatu untuk memperbaikinya.

“Inikan mau bulan Puasa, tolonglah diperbaiki lampu jalan di lingkungan kami. Kepada Pemerintah kami berharap mendengarkan keluhan masyarakat,” kata salahseorang warga yang tinggal di lingkungan tersebut Sri Ningsih Hasibuan (23), bersama dua warga lainnya, Sabtu (5/5/2018).

Kondisi jalan yang gelap di malam hari tanpa penerangan LPJU, kata dia bisa membahayakan pengendara yang melintasi jalan tersebut. Dan di khawatirkan rawan terjadi tindak kriminalitas. “Tolong ini diperhatikan, karena semua warga yang melintas di jalan ini pasti merasakan khawatir tindak kriminalitas kalau jalannya gelap,” imbuhnya.

Menyahuti keluhan warga, salahseorang anggota DPRD Labuhanbatu, Dipa Topan Harahap juga mendesak dinas terkait agar memperbaiki sejumlah lampu jalan yang padam di seputaran kota Rantauprapat.

“Tak hanya di lingkungan Sibuaya, bahkan di wilayah kota Rantauprapat juga ada yang padam. Harus perbaikinya,” ujarnya.

Menurutnya, biaya perawatan LPJU di Dinas terkait sudah berjalan untuk tahun ini. Diharapkan, kepada Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Labuhanbatu, agar secepatnya merespon keluhan masyarakat.

Dampaknya, bisa menimbulkan kerawanan tidak kriminalitas terhadap warga, terutama di wilayah yang kurangnya penerangan jalan di saat malam hari.

“Kalau jalan terang apalagi saat malam, dapat mengurangi tindak kriminalitas. Apa kita tunggu setelah ada korban, baru diperbaiki sejumlah LPJU yang padam tersebut,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Labuhanbatu, Hendriko Maruli Tua Siregar, melalui Kabid Permukiman Alvin, mengaku banyak menerima laporan padamnya sejumlah LPJU dari sejumlah warga di kota Rantauprapat.

“Kita sudah cukup banyak menerima laporan warga. Bahkan, Bupati Labuhanbatu juga sudah me-warning agar dilakukan perbaikan,” katanya ketika dihubungi.

Namun, sejumlah kendala menyebabkan pihak Dinas PUPR Labuhanbatu belum optimal melakukan perawatan LPJU. “Termasuk kendala keterbatasan anggaran, regulasi dan ketersediaan SDM,” jelasnya.

Meski demikian, mereka kata Alvin segera akan mencari solusi untuk kebijakan terbaik dalam mengatasi persoalan itu. [jul]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up