Home / NEWSSUMUT / Punya Gedung Baru, Bupati Labuhanbatu Wanti-wanti Kinerja Dinas Perhubungan

Punya Gedung Baru, Bupati Labuhanbatu Wanti-wanti Kinerja Dinas Perhubungan


Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap meresmikan operasional gedung baru Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (3/5/2018) di jalan Adam Malik Rantauprapat.

EDISIMEDAN.com, LABUHANBATU- Bupati Labuhanbatu Pangonal Harahap meresmikan operasional gedung baru Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (3/5/2018) di jalan Adam Malik Rantauprapat.

Peresmian operasional gedung itu, ditandai dengan penandatanganan batu prasasti dan pengguntingan pita serta peninjauan ruangan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Pangonal mengatakan pepatah Rumahmu itu adalah Istanamu. Menurut dia bangunan tersebut diibaratkan sebuah rumah bagi para ASN yang ada di Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu untuk bekerja meningkatkan kreatifitas dan pasti lebih semangat.

“Jangan bangunan sudah baik, tau-tau kerjaannya loteh, jadi saya yakin kalau Kepala Dishub orangnya bijak, baik dan sigap, jadi saya harapkan stafnya juga seperti ini. Jangan Kadishubnya sudah semangat, semua stafnya membleh, ini pun tidak betul. Karena saya tidak suka ada bawahan yang tidak loyal kepada atasan,” kata Pangonal.

Dia mengutarakan, Sejarah perjalanan pembangunan gedung Dinas Perhubungan panjang, sudah sembilan tahun dan baru sekarang diresmikan. Padahal, anggaran APBD dialokasikan sudah mencapai Rp1,4 Millyar.

“Artinya saya melihat bahwa di dalam pemerintahan ini perlu kesing, perlu gengsi, perlu sarana,” urainya.

Kalau sarana para organisasi perangkat daerah (OPD) tidak bagus, bagaimana akan bekerja dengan baik. “Maka tahun 2016 saya perintahkan untuk dianggarkan pembangunan ini (gedung, red) kembali dan 2017 selesai, sebab yang menumpang-numpang ini kan sangat sulit yaitu menumpang ke terminal dan sekarang sudah dialihkan pula ke Pemerintah Pusat,” jelasnya.

Saat ini situasi menjelang ramadhan, Pangonal meminta peningkatan kinerja dan berkoordinasi antar OPD dan instansi vertikal untuk menertibkan dan menghadapi bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, pinta Pangonal Harahap.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu Tuahta R Saragih dalam laporannya menjelaskan, Gedung Kantor Dinas Perhubungan yang baru ini diawali pembangunannya dengan perencanaan dimulai dari tahun 2009 dengan bantuan murni APBD Kabupaten Labuhanbatu sebesar Rp224,125 juta.

“Di tahun 2010 belum ada pergerakan sama sekali, kemudian di tahun 2011 dimulai granddraving/pondasi dengan dana APBD Labuhanbatu sebesar Rp997,668 juta. Di tahun 2012 dan 2013 tidak ada pergerakan,” ulasnya.

Tuahta melanjutkan, di tahun 2014 Dishub Labuhanbatu mendapat bantuan keuangan dari Provinsi Sumatera Utara sebesar Rp2,717 miliar. Kemudian pada tahun 2015 dari dana APBD Labuhanbatu sebesar Rp1,260 miliar dan tahun 2016 sebesar Rp366,500 juta serta dilanjutkan lagi pada tahun 2017 dengan dana dari APBD Labuhanbatu sebesar Rp1,523 miliar.

“Total anggaran pembangunan gedung Dinas Perhubungan ini dari tahun 2009 s/d 2017 menelan biaya sebesar Rp7,062 miliar,” ungkapnya.

Tuahta juga menjelaskan, pembangunan Gedung Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu masih perlu penambahan anggaran untuk pembangunan Aula, Garasi, Workshop, Musholla dan Pagar.

“Karena untuk pembangunan atau penambahan tersebut luas tanahnya masih memadai, karena luas tanah ini 18.979 M atau hampir 2 Ha sedangkan luas bangunan yang sekarang 1.628 M2,” paparnya.

Peresmian gedung baru Kantor Dinas Perhubungan Kabupaten Labuhanbatu tersebut dihiasi dengan pemberian santunan kepada 40 orang anak yatim dan pemberian tali asih kepada 10 orang ASN yang telah purnabhakti termasuk didalamnya 3 orang mantan Kepala Dinas Perhubungan Labuhanbatu. [jul]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up