Home / NEWS / Rangkul BNN, Masinis dan Kondektur PT KAI Wajib Jalani Pemeriksaan Narkoba

Rangkul BNN, Masinis dan Kondektur PT KAI Wajib Jalani Pemeriksaan Narkoba


NOTA KESEPAHAMAN. KAI Divre I Sumatera Utara (Sumut) melakukan MoU dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut untuk memberantas narkoba di jajaran PT KAI Divre I Sumut, Kamis, 2 Februari 2017 di Jalan H M Yamin, Medan.

EDISIMEDAN.com, MEDAN- PT KAI Divre I Sumatera Utara (Sumut) melakukan MoU dengan Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sumut untuk memberantas narkoba di jajaran PT KAI Divre I Sumut, Kamis, 2 Februari 2017 di Jalan H M Yamin, Medan. 

Penandatangan tersebut dilakukan langsung oleh Vice President PT KAI Divre I Sumut Mateta Rijalulhaq bersama Kepala BNN Sumut Brigjen Andi Loedianto. Kerjasama yang dilakukan kedua instansi plat merah ini, selain bertujuan untuk memberantas narkoba juga mengantisipasi dan menghindari terjadinya peristiwa yang disebabkan pengaruh narkoba.

“Kita kerjasama dengan BNN, jadi sebelum berangkat masinis, kondektur dan personel lainnya harus di cek dulu. Karena tugas kita mengantarkan orang dengan selamat,” ujar Mateta Rijalulhaq, Kamis (2/2/2017).

Ia menyatakan, untuk tahap awal PT KAI akan fokus melakukan pemberantasan dijajarannya terlebih dahulu. Selai itu juga menyiapkan segela sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung pemberantasan narkoba di dalam tubuh PT KAI.

Baca Juga:  Halal Bihalal Unpab Medan, Rektor Himbau Mahasiswa Gunakan Hak Pilih

“Orientasi kami sekarang ini untuk personel, fokus itu dulu. MoU ini awal, kita siapkan personelnya dulu. Seluruh petugas dan personel akan kita sosialisasikan,” jelas Mateta.

Kerjasama yang dilakukan PT KAI dan BNN ini pun menjadi yang pertama didaerah. Dimana MoU tersebut terlebih dahulu dilakukan di pusat. Selain itu, pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan pihak Kepolisian yang juga terkait dengan pengamanan dan pengawasan narkoba.

“Kita gerak cepat karena situasinya beda, karena ini tidak bisa kompromi,” imbuhnya.

Ia pun tak membantah ketika ditanya apakah ada oknum dijajaran PT KAI Divre I Sumut yang terlibat narkoba. Ia pun mengungkapkan bahwa oknum tersebut sudah dipecat.

“Pernah kedapatan sudah dipecat, pengguna narkoba di jajaran PT KAI sanksi yang paling berat itu dipecat,” tuturnya.

“Enggak ada kompromilah, pokoknya kalau kedapatan menyimpan, memakai, atau terindikasi, kedapatan dipecat. Itu perintah pusat,” tandas Mateta.

Baca Juga:  XL Axiata – Kemenag Luncurkan “Akademi Madrasah Digital 2020”

Sementara itu, BNN secara penuh mendukung program yang dilakukan Diresi PT KAI yang menjadikan tahun 2017 ini menjadi tahun keselamatan kereta api.

“Melalui MoU ini, diharapkan upaya pemerintah bersinergi dengan elemen masyarakat dan institusi dalam pemberantasan dan penyalahgunaan narkoba bisa terlaksana dengan baik,” tukas Kepala BNNP Sumut Brigjen Andi Loedianto. [buwas]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up