Home / BINJAI / SUMUT / Rangkul Wartawan, KPU Binjai Genjot Partisipasi Pemilih

Rangkul Wartawan, KPU Binjai Genjot Partisipasi Pemilih


EDISIMEDAN.COM, BINJAI- Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai menggelar tatap muka dengan insan pers di Warung Bukit Coklat, Kelurahan Berngam, Binjai Kota, Jum’at (24/7). Ketua KPU Kota Binjai, Zulfan Effendi yang membuka kegiatan tersebut.


“Kegiatan ini dalam rangka mempererat silaturahim dan kerjasama dengan media. Kami berkeyakinan kita bersama untuk menyukseskan Pilkada,” kata Zulfan.


Zulfan menjelaskan soal tahapan berdasarkan PKPU Nomor 5 Tahun 2020. Dia menguraikan, KPU sudah melakukan pelantikan pada 15 Juni 2020.


Juga melakukan sosialisasi hingga perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih hingga rapid tes kepada seluruh jajaran.
“Kami optimis target yang ditetapkan pada 77,5 persen. Harapan kami bisa mencapai target,” kata dia.


Sebanyak 473 Tempat Pemungutan Suara dengan jumlah pemilih sekitar 200 ribu pada Pilkada Binjai. Karena Pandemi Covid-19, KPU Binjai membatasi untuk membawa massa saat mendaftar pada 4 September 2020 sampai 6 September 2020.

Baca Juga:  Bupati : Tuntutan Masyarakat Makin Besar, ASN Pemkab Karo Harus Peka dan Responsif


“Untuk kampanye, masih menyesuaikan Pandemi dan PKPU lanjutan. Apakah boleh dilakukan kampanye terbuka atau tidak,” kata dia.
Debat publik, kata dia, KPU merencanakan digelar 2 kali. Pun begitu, aturan yang baku juga sedang ditunggu terkait debat publik.
“Dalam melakukan audit dana kampanye, kami menggandeng Kantor Akuntan Publik. Sanksi bisa dilakukan pembatalan kalau tidak melaporkan dana kampanye,” beber Zulfan.


“KPU RI sudah melakukan simulasi dengan TPS dan petugas yang menggunakan protokol kesehatan. Kami mengimbau dan sangat berharap agar masyarakat tetap disiplin dan patuh terhadap protokol kesehatan,” sambung dia.


Sementara, Ketua Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia KPU Binjai, Robby Effendi mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah membanggakan KPU dalam divisi sosialisasi. Sebab, KPU Binjai tercatat pada peringkat ketiga dalam bidang sosialisasi dan parmas.

Baca Juga:  Jadi Duta KEK Nasional, Tugas Berat Menanti Gubsu


“Sebagai pilar demokrasi yang keempat, pers Kota Binjai telah banyak membantu mendorong partisipasi masyarakat menjaga kondusifitas Kota Binjai. Pers Kota Binjai telah banyak membantu memberikan informasi tahapan Pilkada dan memberikan pendidikan kepada warga Binjai,” pungkasnya. (rel/op)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up