Home / SUMUT / Ratusan Warga di Taput Terserang Diare

Ratusan Warga di Taput Terserang Diare


TAPUT| Seratusan warga diserang penyakit muntah dan mencret atau muntaber di Kelurahan Sarullah, Kecamatan Pahae Jahe, Kabupaten Tapanuli Utara. Keseluruhan korban dirawat di satu rumah sakit dan Puskesmas. 

Para korban yang terserang muntaber tersebut terkulai lemas di ranjang pasien. Sejumlah korban mengaku, mengalami mual muntah, meriang dan mencret.

Penyakit ini mulai menyerang warga sejak 22 Juli lalu. Belum diketahui pasti jenis virus yang menyerang warga, namun diduga kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan menjadi penyebab utama.

Sejauh ini, pihak rumah sakit memberikan penanganan medis seperti memberikan cairan infus dan obat obatan. Selain itu, petugas juga melakukan observasi kepada pasien.

Menurut data Dinas Kesehatan setempat, hingga saat ini ada 125 warga yang terkena muntaber. Namun belum ada yang meninggal dunia. Untuk melakukan penanganan, setiap rumah sakit dan puskesmas diwajibkan memberikan prioritas terhadap pasien.

Baca Juga:  Warga Taput yang Terserang Diare Akibat Konsumsi Air Parit

“Saat ini sudah satu Kecamatan Pahae Jahe yang terkena penyebaran penyakit. Untuk kelurahannya‎ Pasar Sarula merupakan penyebaran yang lumayan banyak warga terserang muntaber,” ujar Plt Kadis Kesehatan Taput dr Jandri A Nababan.

Menurutnya, dugaan awal wabah diare tersebut menyerang warga akibat buruknya sanitasi seperti jamban dan selokan menjadi faktor lainnya penyebab muntaber. [ibey]

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up