Home / BINJAI / SUMUT / Reses Anggota DPRD Sumut Rudi Alfahri Rangkuti Di Desa Karang Rejo Stabat

Reses Anggota DPRD Sumut Rudi Alfahri Rangkuti Di Desa Karang Rejo Stabat


Reses Anggota DPRD Sumut Rudi Alfahri Rangkuti,SH di Karang Rejo Stabat

EDISIMEDAN.COM,Binjai –  Reses adalah komunikasi dua arah antara legislatif dengan konstituen melalui kunjungan kerja secara berkala. Hal ini merupakan kewajiban anggota DPRD untuk bertemu dengan konstituennya secara rutin pada setiap masa reses. Istilah reses ini terdapat dalam Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 162 Tahun 2004 dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 Tahun 2004.

Dalam satu tahun sidang, waktu kerja DPRD dibagi menjadi empat atau lima masa persidangan. Dimana setiap masa persidangan terdiri dari masa sidang dan masa reses. Dimasa reses ini para anggota DPRD mendapatkan kesempatan pulang ke dapilnya sambil menyerap informasi dan aspirasi rakyat yang diwakilinya.

Tujuan reses untuk menyerap dan menindaklanjuti aspirasi konstituen dan pengaduan masyarakat guna memberikan pertanggungjawaban moral dan politis kepada konstituen di Daerah Pemilihan (Dapil) sebagai perwujudan perwakilan rakyat dalam pemerintahan.

Baca Juga:  Kapolres Karo Gerebek 'Sarang' Judi Dadu Putar di Desa Raya

Dasar Pelaksanaan Reses antara lain adalah UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali terakhir dengan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah; UU RI No 15 Tahun 2006 Tentang Badan Pemeriksa Keuangan, dan UU RI No 27 Tahun 2009 Tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah.

Terkait hal tersebut diatas maka anggota DPRD Sumatera Utara Fraksi PAN Rudi Alfahri Rangkuti,SH yang terpilih dari Dapil 12 Binjai – Langkat melaksanakan kewajibannya sebagai anggota DPRD Sumut dengan melakukan Reses ke 2 Masa Sidang 1 Tahun 2020, bertempat di Desa Karang Rejo, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat,Sabtu,(16/5) sore.

Pantauan, kedatangan rombongan reses anggota Komis A DPRD Sumut Rudi Alfahri Rangkuti,SH terdiri dari Sekretariat DPRD Sumut Budi, Aldi, pengurus DPD PAN Sumut Numri, ajudan pribadinya Yudi Syahputra dan putra kandungnya Rajadivo Ananda Rangkuti ke Kabupaten Langkat kali ini di sambut oleh tokoh masyarakat Langkat Pak Man.

Baca Juga:  165 Ponpes di Sumut Terima Bantuan Rp50 Juta

Pada kesempatan tersebut sejumlah masyarakat menyampaikan aspirasinya melalui surat kepada Rudi Alfahri Rangkuti,SH.Pada reses ini Rudi Alfahri Rangkuti menjemput aspirasi ke 4 lokasi. Bahkan Rudi Alfahri Rangkuti tidak sungkan turun menjemput aspirasi kerumah warga yang masih tergenang air.

Berdasarkan catatan hari ini merupakan reses 2 terakhirnya, setelah sebelumnya Rudi Alfahri Rangkuti yang juga merupakan Ketua DPD PAN Binjai ini menggelar reses di lingkungan 1 , Kelurahan Kebun Lada, lingkungan 6 Kelurahan Cengkehturi, Kecamatan Binjai Utara, lingkungan 6 Kebun Lada, Kecamatan Binjai Utara.(op)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up