Ruang Ibu Menyusui Dihadirkan Di Kecamatan Medan Kota

25

EDISIMEDAN.COM, MEDAN-Dalam hal menyusui adalah tempat dan situasi. Alhasil banyak kegiatan yang tertunda karena harus menunaikan kewajibannya sebagi ibu memberikan ASI ekslusif pada bayinya yang juga merupakan hak dasar bayi.

Untuk itu, menanggulangi persoalan ini dan memberikan penghormatan bagi kaum ibu, Camat Medan Kota, Tengku Chairuniza S Sos menyediakan ruang khusus untuk menyusui yang menyatu dengan ruang pelayanan administrasi di Kecamatan Medan kota itu.
“Ruang Menyusui ini kita hadirkan untuk mempermudah kaum ibu yang memiliki bayi untuk menyusui meskipun ia sedang mengurus administrasi kependudukan di Kantor Kecamatan Medan kota ini dan juga sekaligus merupakan penghormatan kita bagi kaum perempuan khususnya kaum ibu” ungkapnya pada Jumat, (23/8/2019).
Dikatakanya, ruang menyusui ini dihadirkan masih sangat baru yakni dilaunching pada Rabu, (21/8/2019). Sampai saat ini ruang menyusui itu belum ada yang menggunakan kendati demikian dikatakan Tengku Chairuniza S Sos, setidaknya pihaknya sudah menyediakan ruang menyusui itu jika ada yang membutuhkannya.
Luas ruang menyusui itu 3×2 Meter  dengan fasilitas tempat duduk, wastafel, dan pada dinding diberi sentuhan nuansa anak dan ada juga sejumlah poster tutorial bagaimana cara menyusui yang baik dan untuk lebih nyaman, ia juga menyatakan akan menambahkan 1 unit kulkas tempat penyimpanan ASI.
“Jadi kita harapkan ruangan menyusui ini dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga kaum ibu, dan juga ASN di Kecamatan ini tidak ada alasan terkendala mengurus urusannya dikarenakan tidak ada ruang menyusui,” katanya.
Untuk melengkapi fasilitas di ruang ibu menyusui pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan puskesmas terdekat. Sehingga ruang ibu menyusui lebih maksimal lagi.
Selain menghadirkan ruang menyusui mantan camat Marelan ini juga menghadirkan smoking area (area khusus buat perokok), ini  untuk memberikan kenyaman bagi pengunjung yang tidak merokok.
Sejumlah program itu dihadirkan untuk memberikan pelayanan terhadap publik, dan kedepannya Camat Medan Kota ini juga akan menghadirkan ruang baca. Gunanya untuk meningkatkan budaya baca dimasyarakat. (Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?