Sajian Kuliner Malam Khas Pagaruyung

0
2974

Kota multi etnis Medan termasuk salah satu kota yang menjanjikan ‘surga’ bagi para pecinta kuliner. Berbagai macam jenis makanan bisa ditemukan di sini. Dan salah satu pusat kuliner kota Medan di malam hari ada di Jalan Pagaruyung, tepatnya di Jalan Zainul Arifin.

Warga Tanah Deli sudah hafal betul kawasan yang satu ini. Lokasi kuliner ini cukup strategis karena berada di tengah-tengah kota Medan. Tidak terlalu sulit bagi pendatang untuk menemukannya.

Pusat Kuliner Pagaruyung ini tidak jauh dari Cambridge, Masjid Ghaudiyah, Kuil Shri Mariamman dan Sun Plaza. Hanya 5–8 menit jika ditempuh dengan jalan kaki.

Apabila anda naik taksi atau becak mesin, 99% supir dan pun pengemudi becak mesin pasti tahu tempat ini. Meski kini sudah banyak bermunculan pusat-pusat kuliner baru di kota Medan, namun Pagaruyung masih cukup favorit karena keragaman dan kekhasan makanannya.

Kawasan yang luasnya kurang lebih 10 hektare ini juga kerap disebut dengan Kampung Keling atau Kampung Madras. Kenapa dinamakan kampung Keling karena mayoritas penduduknya orang yang berasal dari India. Di daerah ini juga ada sekolah Khalsa yang merupakan sekolah berbahasa Inggris pertama di Medan.

Sepanjang Jalan Pagaruyung Medan merupakan surga wisata kuliner di Kota Medan dari dulu sampai sekarang. Segala jenis makanan dan minuman dijual disana, dari mulai sate, martabak, gado-gado, bandrek, jus dan segala macam mie seperti mie rebus dan lainnya.

Tapi yang membuat unik, di pagaruyung ini memiliki makanan khas tersendiri yaitu martabak telur ala india dan mie keling alias mie rebus ala Medan. Kedua makanan ini rasanya sulit anda temukan di tempat lain.

Untuk harga makanan dan minuman di Pagaruyung ini bervariasi, tergantung apa yang dipesan.

So, jika anda berkesempatan berkunjung ke kota Medan atau bagi anda yang sekarang berada disana jangan lewatkan malam anda tanpa mampir ke pusat kuliner malam kota Medan ini !!

Apa Pendapat Anda?