Sampah Berserakan Pasar Bakti Terkesan Kotor dan Kumuh

17
Pasar bakti dikelurahanTeladan kec. Kisaran Timur terlihat kotor dan kumuh. Sampah berserakan tak teratur seakan menjadi fenomena yang biasa. [edisiMedan.com/indrahidayat]

EDISIMEDAN.com, KISARAN – Pasar Bakti di Kelurahan Teladan Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan terkesan kotor dan kumuh. Hal ini disebabkan karena banyaknya sampah berserakan di sekitar kios dan sebagian badan jalan, Senin (03/12/2018).

Kondisi ini sangat mengganggu aktivitas pedagang, konsumen dan masyarakat yang berlalu lalang, apalagi letak pasar persis membelah jalan utama akses menuju pusat kota.

“Bagaimana lagi, bukan masalah baru soal sampah ini sudah berlangsung lama tak pernah ada selesainya,” ujar seorang pedagang yang kiosnya persis berada tak jauh dari lokasi pembuangan sampah.

“Sudah biasa menghirup udara tak sedap,” katanya sambil mengibaskan barang dagangannya dari serbuan lalat.

Selain kurangnya kesadaraan pedagang dan masyarakat untuk tertib membuang sampah pada tempatnya, petugas juga dianggap kurang sigap dan peduli mengantisipasi keadaan ini.

“Memang mobil petugas datang mengangkat sampah tapi tempat disediakan tak sesuai dengan volume sampah yang ada,” tambahnya.

“Selain tampak kumuh, kotor, aromanya menyengat dan sangat mengganggu,” ungkap Iskandar salah satu masyarakat yang sedang berbelanja untuk melengkapi kebutuhan berjualan dirumah.

Pemandangan seperti ini diyakini telah berlangsung lama dan belum mendapat perhatian serius petugas terkait. Apalagi di musim penghujan genangan air membuat keadaan semakin tidak nyaman. Banyaknya sampah selain tampak kotor dan kumuh juga menimbulkan aroma tak sedap, dikhawatirkan berdampak kepada kesehatan masyarakat dengan timbulnya bibit penyakit akibat sampah terlalu lama menumpuk dan membusuk. [idr]

Apa Tanggapan Anda?