Home / / Sayur-mayur Mahal di Medan, Kaum Ibu Bingung Belanja Penuhi Kebutuhan Pokok

Sayur-mayur Mahal di Medan, Kaum Ibu Bingung Belanja Penuhi Kebutuhan Pokok


EDISIMEDAN.com, MEDAN-Sejumlah komoditas sayuran di Medan mengalami kenaikan harga. Inipun sudah berlangsung sejak dua pekan terakhir.

 

Salah seorang pedagang sayur-mayur di Pasar Petisah kota Medan, Fujiyati mengatakan harga sayuran sudah dua pekan mengalami kenaikan. Seperti harga terong, buncis, bayam, kangkung juga kacang panjang naik hingga 80 persen sampai 100 persen lebih.

“Kacang panjang Rp12 ribu/kg biasanya Rp 4 ribu/kg. Terong Rp14 ribu/kg biasa  Rp 4 ribu/kg, buncis Rp 15 ribu/kg. Kangkung Rp 4 ribu/ikat sebelumnya Rp 2 ribu/ikat. Begitu juga dengan harga sayur bayam, seikatnya Rp 5 ribu sampai Rp 6 ribu/ikat padahal biasanya hanya Rp 2500/ikat,” paparnya.

 

Dikatakan Fujiyanti, penyebab mahalnya harga sayuran ini karena cuaca tidak menentu dan bahkan cenderung terjadi hujan akibatnya tanaman sayuran menjadi kurang sehat. Ini juga menyebabkan stok sayuran di pasaran menjadi sedikit.

Baca Juga:  Serap Aspirasi ke Pasar Pringgan, Bobby Ajak Pedagang Perkuat Pasar dengan Sistem Online

 

Sama halnya yang dikatakan pedagang sayuran lainnya,  Rukinah Br. Tarigan. Sayuran sudah mahal dua pekan belakangan. Ia terpaksa mengurangi stok sayuran karena khawatir tidak laku. Biasanya bayam bisa di stoknya hingga 40 ikat, saat ini ia hanya berani 10 ikat. Itupun tidak laku semua.

 

“Haduh mahal kali, gak berani saya belanja banyak karena pembeli sepi. Banyak juga pun yang tidak jadi beli karena harga mahal, Alhasil sayuran saya banyak sisa setiap harinya,” ujar Rukinah.

Ia berharap kondisi ini segera pulih. Pemerintah dimintanya proaktif.

Mahalnya harga sayuran ini juga mengakibatkan kaum ibuk kebingungan untuk memenuhinya kebutuhan pokok. Seperti pengakuan Dewi warga Tembung yang berprofesi sebagai buruh cuci di Petisah mengaku kesusahan dan bingung mau belanja kebutuhan pokok.

“Anak mau makan, kerjaan gak ada jadi bingung. Ikan, sayur- mayur semua naik, pusing saya,” Keluh Dewi.

Baca Juga:  Anggota DPRD Sumut Andri Alfisah Reses Di Binjai, Warga Mohon Bantuan Mesin Jahit Gulung

 

Sementara itu, selain ada yang naik, sejumlah komoditas sayuran ada juga yang turun seperti selada, cabe merah, cabe rawit dan juga kentang yang sedang normal. (bd)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up