Home / PENDIDIKAN / Sebanyak 1.377 Siswa SMA Sederajat Lulus SNMPTN 2020 di Unimed

Sebanyak 1.377 Siswa SMA Sederajat Lulus SNMPTN 2020 di Unimed


EDISIMEDAN.COM, MEDAN– Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) Tahun 2020 sudah diumumkan dan dapat dilihat melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id dan www.unimed.ac.id. Dari 13.715 siswa SMA dan sederajat yang mendaftar ke Universitas Negeri Medan (Unied), sebanyak 1.377 orang dinyatakan diterima di PTN.

“Sebanyak 1.377 siswa yang lolos jalur SNMPTN di Unimed tersebar dalam 51 Program Studi S1,” kata Rektor Unimed Dr Syamsul Gultom SKM MKes dalam siaran persnya yang diterima wartawan, Rabu (8/4/2020). 

Menurut Syamsul, untuk jalur SNMPTN ada lima program studi (Prodi) favorit (peminat tertinggi) di Unimed,  yakni Prodi PGSD FIP dengan jumlah pendaftar 2.259 orang, Prodi Manajemen FE pendaftar 913 orang, Prodi Pendidikan Matematika FMIPA pendaftar 817 orang, Prodi Bimbingan dan Konseling FIP pendaftar 693,  dan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS dengan pendaftar 671 orang.

Baca Juga:  RSUD Rantauprapat dan Dinkes Rokan Hilir Kerjasama Pelayanan Jampersal

Lebih lanjut Dr Syamsul Gultom mengucapkan selamat kepada orang tua yang anaknya telah dinyatakan lulus pada jalur SNMPTN di Unimed. “Kami sangat senang bapak/ibu dan siswa yang lulus telah menjadi bagian dari keluarga besar Unimed, karena sudah bergabung menjadi warga Unimed. Kami sampaikan kepada kedua orang tua/wali untuk mensyukuri nikmat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa ini atas keberhasilan lulus jalur SNMPTN ke Unimed. Rasa syukur tersebut harus realisasikan dalam hidup ini untuk semakin baik dalam ibadah dan terus berbuat baik antar sesama. Apalagi negara kita sedang mengalami bencana besar dalam menangani pandemi Covid-19,” kata rektor.

Ditambahkannya, siswa yang lulus jalur SNMPTN di Unimed merupakan hasil tes melalui prestasi akademik siswa dan sekolah yang cukup ketat, karena yang mendaftar 13.715, sedangkan yang dinyatakan lulus hanya 1377.

Baca Juga:  Dosen Unimed Ciptakan Mesin Pencuci Tangan Anti Covid-19

“Bagi siswa yang belum diterima melalui jalur SNMPTN, masih punya kesempatan untuk bersaing kembali di jalur SBMPTN dan Seleksi Mandiri. Percayalah, jika saudara yakin, tetap berusaha, dan serius dalam belajar, mudah-mudahan dapat lulus di dua jalur tersebut,” ujar  Syamsul.

Sedangkan bagi yang telah dinyatakan lulus, rektor mengingatkan supaya memersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk daftar ulang dan melihat jadwal-jadwal penting untuk melakukan daftar ulang, agar tidak terlambat.

“Sesuai kebijakan LTMPT, bagi siswa yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN, tidak lagi ada kesempatan untuk mengikuti SBMPTN. Atas dasar itu kuatkanlah komitmen untuk melanjutkan pada Prodi dan PTN yang telah saudara tuju sesuai pengumuman kelulusan,” tegasnya.

Dia juga berharap agar para siswa yang sudah dinyatakan lulus jalur SNMPTN di Unimed, menunggu masa registrasi dan persiapan perkuliahan. “Kami harapkan saudara semua dapat menjadi Duta Pencegahan Covid-19 di Masyarakat. Mari bahu membahu mengimbau kepada masyarakat agar kita dapat menjadi bagian dari negara dalam memutus mata rantai Covid-19,” ajaknya.   

Baca Juga:  Dubes Belgia dan Pimpinan Altissia Kunjungi Unpab

Dia kemudian meminta siswa-siswi yang telah dinyatakan lulus jalur SNMPTN Tahun 2020 di Unimed segera melihat informasi tentang tata cara registrasi ulang mahasiswa baru dan persyaratan apa saja yang harus dipersiapkan. Informasi tersebut dapat dilihat di laman www.unimed.ac.id.

“Seluruh calon mahasiswa Unimed jalur SNMPTN 2020 wajib melakukan registrasi secara online mulai 9 April hingga 4 Mei 2020 dengan mengisi/upload ke laman http://bak.unimed.ac.id/registrasi,” katanya seraya menambahakan apabila pada waktu yang telah ditetapkan para calon mahasiswa Unimed tidak melakukan registrasi dengan alasan apapun, maka haknya sebagai mahasiswa Unimed dinyatakan gugur. (Mahbubah Lubis)

Terkait


Berita Terbaru
 
Scroll Up