Home / PENDIDIKAN / Sebanyak 140 Siswa Man 2 Lubuk Pakam Khatam Membaca Alqur’an Di Ramadhan

Sebanyak 140 Siswa Man 2 Lubuk Pakam Khatam Membaca Alqur’an Di Ramadhan


 

EDISIMEDAN.com, MEDAN– Bulan suci ramadhan memang bulan yang penuh Rahmat. Dibulan ini pula bulan yang tepat menimba pahala sebanyak-banyaknya. Sehingga di bulan ramadhan kerap di isi dengan kegiatan-kegiatan positif dan bermanfaat.

Seperti yang dilakukan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Lubuk Pakam Deliserdang, sejak Ramadhan ke 3, sekolah ini telah melaksanakan kegiatan khatam Al-Qur’an. Setidaknya sampai hari terakhir pada Rabu (5/5) dikatakan ada 140 anak khatam Al-Qur’an 30 juz.

” Alhamdulillah lebih dari 130  atau 140 siswa kita  khatam membaca Alqur’an. Ini karena katanya ada satu anak bisa 6 kali khatam,” ucap kepala sekolah MAN 2 Lubuk Pakam Deliserdang, Burhanuddin Harahap di ruangan kerjanya.
Katanya, kegiatan khatam Al-Qur’an ini dilaksanakan agar para siswa betul -betul menumpahkan hatinya dan jiwanya untuk membaca Al-Qur’an,  jelas Burhanuddin Harahap juga bahwa Al-Qur’an itu petunjuk bagi manusia jadi manusia itu jika  membaca Al-Qur’an dia sesungguhnya mendapatkan petunjuk dari Allah SWT.
” Petunjuk dari Allah itu adalah yang paling utama karena tidak ada kesalahan didalam nya. Itulah yang kita bumikan dan latih dan kita biasakan kepada siswa agar mencintai Al-Qur’an,” paparnya.
Tampak memang para siswa dihari terakhir itu masih bersemangat menyelesaikan bacaannya. Siswa putri dan siswa putra tampak larut dan khusuk membaca kitab suci umat Islam itu.

 

Baca Juga:  Dr Muryanto Amin Terpilih jadi Rektor USU Periode 2021-2026

siswa-siswi yang terdiri dari kelas 11 dan 10 itu tidak sedikit pun tampak mengeluh meski pada umumnya membaca Alqur’an bukanlah mudah apalagi mengkhatamkannya selama sebulan di bulan ramadhan.

Selain kegiatan itu, sebut Burhanuddin Harahap, kegiatan lainnya untuk mengisi bulan ramadhan ini yakni Syafari Ramadhan.

Dimana sebanyak 10 siswa mengunjungi 10 masjid. 7 siswa kita amanahkan untuk bersafari ramadhan di mesjid-mesjid Serdang Bedagai (Sergai) dan 3 siswa  di mesjid Deliserdang.

“Disana mereka menjadi imam dan Bilal sekaligus ceramah selama 10 hari. Ini juga Sebagai upaya melatih anak untuk dapat mengaplikasikan ilmunya sejak dini,” tegasnya.

Sementara itu, pihaknya sudah siap untuk sekolah tatap muka yang rencananya akan dilakukan pada bulan Juli 2020 mendatang. Ini katanya karena sekolah MAN 2 Lubuk Pakam itu sudah memenuhi syarat yakni sebanyak 10 persen guru atau para pengajar sudah di vaksin. Bagaimana sistemnya, ia mengaku akan tetap menjalankannya sesuai aturan dan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dan menerapkan 5 M disekolah tersebut. (red)

Baca Juga:  Kunker di Karo, JR Saragih Tawarkan Kerjasama Wisata dan Lahan Pengungsi
Terkait


Berita Terbaru