Sebanyak 5698 Mahasiswa Baru Unimed Ikuti PAMB 2019

24

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Sebanyak 5698 Mahasiswa baru mengikuti pelaksanaan  Pembekalan Awal Mahasiswa Baru (PAMB) pada tanggal 15-16 Agustus 2019 di Gedung Serbaguna Universitas Negeri Medan (Unimed). Dengan rincian mahasiswa baru di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP),  787, Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), 867, Fakultas Ilmu Sosial (FIS), 489, Fakulta Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA),  1342, Fakultas Teknik (FT), 993, Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK),  493, dan Fakultas Ekonomi (FE),  732.

Pada PAMB yang dilaksanakan sejak pukul 07.30 wib itu, para mahasiswa diberikan motivasi dan semangat baru agar lebih mempersiapkan diri agar giat dalam belajar, demi menggapai harapan dan mimpinya dan meraih kesuksesan hidup di Unimed.
“Kalian sekarang sudah menjadi warga kampus sehingga harus ikut serta menjaga karakter dan menjaga lingkungan kampus harus terus kondusif. Harus mengikuti pembelajaran di Unimed dengan baik, disinilah anda belajar, disini pula anda mengembangkan potensi diri,” kata Rektor Unimed, Prof. Syawal Gultom yang diwakili Wakil Rektor I,  Prof.Abdul Hamid saat memberi arahan di depan 6 ribuan mahasiswa baru itu.
Lebih lanjut, Prof. Abdul Hamid mengatakan pada PAMB ini para mahasiswa baru itu akan diberikan pembekalan mulai pengenalan lingkungan kampus, diajak mengenal proses pembelajaran dan juga terlihat administrasi di Unimed yang juga harus diketahui oleh mahasiswa baru.
Dikesempatan itu, ia juga mengatakan bahwa ada 661 calon mahasiswa yang belum melakukan registrasi ulang. Diindikasi karena beberapa hal mulai karena pindah ke Universitas lain atau tidak melanjutkan pendidikan karena alasan yang sampai saat ini belum diketahui oleh pihak Unimed.
“Dari  jumlah mahasiswa yang lulus di Unimed, sekitar 661 yang belum registrasi ulang. alasannya belum kita ketahui. Namun diindikasi karena kemungkinan pindah ke universitas lain. Kebanyakan yang belum registrasi adalah mahasiswa baru jalur mandiri,” katanya kepada media.
Adapun Batas waktu registrasi yakni tanggal 30 Agustus 2019.  Jika tidak juga melakukan registrasi ditegaskannya hak calon mahasiswa baru itu  gugur.
Dipenghujung, Prof Hamid juga menghimbau agar mahasiswa termotivasi untuk menjadi bahagian unimed yang berprestasi dan berkarakter,  apalagi disela-sela PAMB itu pihaknya  mengenalkan  mahasiswa yang akan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke Bali. Semoga semua mahasiswa baru tahun depan berkesempatan maju sebagai peserta PIMNAS.
PAMB ini bertujuan untuk memperkenalkan kepada mahasiswa baru secara tuntas tentang sistem akademik dan cara belajar di Unimed. Sehingga para mahasiswa baru nantinya dapat mengikuti seluruh proses akademik dengan sukses. PAMB akan dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari pertama seluruh kegiatan berlangsung di tingkat universitas dan pada hari kedua di tingkat fakultas masing-masing.
Sementara itu, berdasarkan pantauan, tahun ini ada yang berbeda jika tahun sebelumnya mahasiswa baru saat masa PAMB membawa topi kerucut, kalung Pete, dan sebagainya, tidak dengan tahun ini. Para mahasiswa juga tampak antusias mengikuti Pelaksaanaan PAMB.
Hadir pada kegiatan itu Wakil Rektor 3, Prof. Sahat Siagian, Wakil Rektor 4,  Prof. Manihar Situmorang  dan para Dekan dan Wakil Dekan 3 dilingkungan Unimed.(Mahbubah Lubis)

Apa Tanggapan Anda?