Sebanyak 632 Jenis Produk Ilegal Dimusnahkan Balaipom Medan

16

EDISIMEDAN.COM, MEDAN- Sebanyak 632 jenis produk Bernilai Milyaran Rupiah Dimusnahkan Badan Pengawas Obat dan Makanan (Balaipom) Medan pada Jumat (20/12/2019) di Kator Balaipom Medan Jalan Willem Iskandar Medan.

Pemusnahan produk obat dan makanan ilegal itu tu dilakukan sudah pada tahap kedua dan ini merupakan hasil pengawasan balaipom di Medan tahun 2019.

PLT Kepala Balaipom Medan, Drs Ja’far Siddik Apt dalam keterangan persnya bahwa pemusnahan obat dan makanan ilegal ini dalam rangka melindungi masyarakat dari peredaran dan penggunaan obat dan makanan yang tidak memenuhi persyaratan.

“Pemusnahan ini kita lakukan untuk melindungi masyarakat dari peredaran dan penggunaan obat dan makanan di masyarakat, sebab produk-produk ini diindikasi jika digunakan dapat membahayakan masyarakat,” ungkapnya.

Hadir dalam pemusnahan itu, Kejatisu,BNN Su, Desperigsu, Desperig Medan, Dinas Kebersihan dan Pertamanan kota Medan, dan YLKI.

Hasil pengawasan yang dilakukan oleh Balaipom Medan pada periode tersebut menunjukkan bahwa pelanggaran di bidang pengawasan obat dan makanan didominasi oleh temuan obat yang diduga palsu dan kosmetik tanpa izin edar.

“Selama periode tersebut BBPOM telah menangani 15 kasus yang ditindaklanjuti secara pro-justitia dan 41 kasus non pro-justitia yaitu dilakukan pembinaan dan Administratif,” ungkapnya.

Adapun rincian 632 jenis produk yang dimusnahkan itu yakni 183 jenis obat dengan 11736 kemasan, 258 jenis obat tradisional dengan 6587 kemasan, 175 jenis kosmetika dengan 24.736 kemasan, 16 jenis pangan dengan 8291 kemasan. Adapun total keseluruhan yang dimusnahkan senilai Rp 1.116.671.242.

“Semuanya kita musnahkan di Tempat Pembuangan Sampah Akhir Namo Bintang, dilakukan dengan cara dimasukkan dilubang lalu dibakar lalu ditutup, Ini guna untuk merusak produk untuk tidak bisa digunakan kembali,” paparnya.

Lanjutnya, ia menghimbau agar masyarakat untuk tidak mengkonsumsi obat dan makanan yang tidak memenuhi syarat, tanpa izin edar dan palsu. (Mahbubah Lubis)

 

 

Apa Tanggapan Anda?